Swasta diminta dorong pelabuhan Tanjung Siapi-api

Senin, 01 Juli 2013 - 15:06 WIB
Swasta diminta dorong pelabuhan Tanjung Siapi-api
Swasta diminta dorong pelabuhan Tanjung Siapi-api
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan, pengembangan Tanjung Siapi-api sebagai pelabuhan samudera akan menggantikan Sungai Musi, sudah tidak bisa dilewati kapal besar.

Padahal, dulunya Sungai Musi biasa dilewati kapal-kapal besar. Hatta mengutarakan, pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Siapi-api ini juga akan disertai kawasan industri untuk memudahkan distribusi barang. Karena sebelumnya distribusi barang masih bisa melewati Sungai Musi.

"Kita arahkan untuk kawasan industri, karena Sungai Musi sudah tidak memungkinkan lagi untuk dijadikan sebagai pelabuhan samudera yang besar akibat terjadi pendangkalan," ujarnya di Benteng Kuto Besak, Palembang, Senin (1/7/2013).

Dia menjelaskan, satu hal yang harus dilakukan dalam pengembangan kawasan ini adalah pihak swasta yang aktif mendorong investasi Tanjung Siapi-api.

"Tanjung Siapi-api besar sekali, terutama jika dikaitkan dengan pelabuhan samuderanya dan itu juga harus didorong oleh investasi swasta," katanya.

Hatta mengakui memang masih ada dalam pengembangan Tanjung Siapi-api sebagai pelabuhan samudera dan KEK, namun hal tersebut masih bisa dibenahi secepatnya.

"Masih ada beberapa hal yang masih harus dipenuhi. Namun yang penting adalah kepastian investor, yang kedua infrastruktur. Namun kedua hal itu sebetulnya bisa dilaksanakan sambil jalan," pungkas Hatta.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5178 seconds (0.1#10.140)