Bank Dunia perkirakan ekonomi RI hanya tumbuh 5,9%

Selasa, 02 Juli 2013 - 10:59 WIB
Bank Dunia perkirakan...
Bank Dunia perkirakan ekonomi RI hanya tumbuh 5,9%
A A A
Sindonews.com - Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2013 akan mencapai 5,9 persen dari proyeksi sebelumnya sebesar 6,2 persen.

Hal tersebut mencerminkan perlambatan pertumbuhan permintaan dalam negeri dan berlanjutnya tekanan terhadap harga-harga komoditas dan penerimaan ekspor.

"Menjaga kebijakan-kebijakan ekonomi makro yang fleksibel tetapi dapat diprediksi dan dikomunikasikan dengan baik akan membantu Indonesia melalui masa yang penuh ketidakpastian ini," kata Ekonom Bank Dunia, Ndiame Diop di Kementerian Perekonomian, Jakarta, Selasa (2/7/2013).

Menurutnya, pelemahan harga-harga komoditas dunia yang terus berlanjut akan membebani prospek ekonomi Indonesia, dengan besarnya peran mereka terhadap penerimaan dalam valuta asing, keuntungan dunia usaha, dan kegiatan investasi.

Sementara, Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya akan sedikit melambat pada 2013 dan kembali meningkat pada 2014.

Dia menuturkan, ada beberapa gejolak ekonomi yang sedang dialami Indonesia maupun dunia internasional. Yaitu, melambatnya pertumbuhan pada kuartal pertama dan permintaan dalam negeri, realisasi pengurangan subsidi BBM serta adanya rencana Bank Sentral AS untuk mengakhiri pembelian obligasi pada 2014.

Indonesia melakukan penyesuaian terhadap tekanan-tekanan ekonomi tersebut. Misalnya, tindakan dalam meningkatkan suku bunga yang dilakukan Bank Indonesia (BI) sebagai penyesuaian kebijakan terhadap perubahan dinamika keadaan eksternal. Dalam hal ini adalah rencana pengakhiran pembelian obligasi Bank Sentral AS.

"Walau kebijakan moneter dan fiskal responsif, tekanan-tekanan lain juga bermunculan. Sehingga membutuhkan kesiapan bagi penyesuaian kebijakan selanjutnya untuk mengamankan stabilitas ekonomi makro dan menjaga momentum pertumbuhan Indonesia," tutur dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7987 seconds (0.1#10.140)