Pengawasan ketenagakerjaan jamin stabilitas ekonomi

Rabu, 03 Juli 2013 - 13:05 WIB
Pengawasan ketenagakerjaan jamin stabilitas ekonomi
Pengawasan ketenagakerjaan jamin stabilitas ekonomi
A A A
Sindonews.com - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar mengatakan, pengawasan ketenagakerjaan memainkan peran utama dalam menjamin stabilitas ekonomi.

"Tentunya melalui penegakan hukum ketenagakerjaan, termasuk memberikan informasi kepada tenaga kerja dan pengusaha tentang hak dan tanggung jawab mereka," kata dia dalam rilisnya, Rabu (3/7/2013).

Menurutnya, aspek pengawasan ketenagakerjaan di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) mempunyai fungsi sebagai perangkat utama dalam menjamin pemenuhan hukum ketenagakerjaan dan kebijakan di setiap tempat kerja serta dalam semua sektor industri.

Muhaimin menjelaskan, pemerintah Indonesia sendiri telah melakukan langkah agar pengawasan ketenagakerjaan dapat dilaksanakan sesuai standar internasional.

"Yaitu yang terwujud dengan telah diratifikasinya Konvensi ILO No 81/1941 melalui UU 21/2003 tentang Pengesahan Konvensi ILO No 81 Mengenai Pengawasan Ketenagakerjaan dalam Industri dan Perdagangan," jelas Muhaimin.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5506 seconds (0.1#10.140)