AMRT-BNI kerja sama remitansi

Rabu, 03 Juli 2013 - 13:39 WIB
AMRT-BNI kerja sama remitansi
AMRT-BNI kerja sama remitansi
A A A
Sindonews.com - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) menggandeng PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) untuk memberikan layanan remitansi (pengiriman uang dari dan ke luar negeri) di jaringan toko Alfamart di seluruh Indonesia.

Layanan ini ditujukan untuk dapat membantu para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di dalam melakukan transaksi pengiriman uang untuk keluarganya yang ada di Indonesia.

General Manager International BNI, Abdullah Firman Wibowo mengatakan bahwa BNI telah memiliki jaringan internasional yang cukup luas dan didukung oleh kantor cabang yang ada di beberapa negara yang menjadi kantung TKI.

"Negara-negara tersebut adalh Hongkong, Singapura, Arab Saudi, Qatar, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Taiwan," katanya di Central Park, Jakarta, Rabu (3/7/2013).

Lebih lanjut dikatakannya, Alfamart sudah tersebar hampir di seluruh Indonesia dengan jumlah sekitar 5.000 outlet, sehingga sangat tepat untuk menjadi mitra pihaknya dalam memberikan layanan BNI Wesel PIN.

"Toko-toko Alfamart yang dapat melayani BNI Wesel PIN tersebut adalah toko-toko Alfamart regular, bukan toko franchise (waralaba). Sedangkan besar nominal maksimal yang dapat diambil di toko Alfamart adalah Rp5 juta per pin per hari," jelasnya.

Abdullah menjelaskan, BNI Wesel PIN merupakan produk dari Remmitance Ltd. (anak usaha dari BNI) untuk layanan transaksi pengiriman uang masuk dan keluar.

Mekanismenya pun mudah, yakni si pengirim yang kebanyakan adalah TKI hanya menyetorkan uang sebagaimana layaknya menabung ke kantor cabang BNI yang ada di negara tempat mereka bekerja. Setelah itu pengirim akan mendapatkan kode PIN khusus yang diketahui oleh dirinya.

"Setelah mendapatkan kode PIN dari kantor BNI di sana, PIN tersebut harus diinformasikan kepada si penerima kemudian untuk pengambilan di toko Alfamart terdekat, si penerima hanya membawa fotocopy KTP dan kode PIN. Hari ini kirim uang, saat itu juga sudah bisa langsung diambil," paparnya.

Di tempat sama, Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin menuturkan, kerja sama ini sangat sinergis mengingat pengiriman uang BNI merupakan yang terbaik se-Asia Tenggara. Ia berharap layanan ini dapat membantu para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di dalam melakukan transaksi pengiriman uang untuk keluarganya yang ada di Indonesia.

"Dengan jaringan toko Alfamart yang tersebar di pulau Sumatra, Jawa, Bali, dan Sulawesi diharapkan dapat mempermudah para TKI dan keluarganya yang ada di Tanah Air untuk menerima ataupun mengirimkan uang dengan lebih cepat, mudah dan aman," katanya.

Adapun untuk memudahkan keluarga TKI dalam mengenali gerai yang dapat melayani pengambilan remitansi tersebut, pihak AMRT juga memasangkan stiker khusus.

"Kita pasang stiker khusus yang cukup mencolok jadi mudah dikenali," tutupnya.
(rna)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1694 seconds (11.252#12.26)