Jelang Ramadan, harga sembako Palopo naik 40%

Rabu, 03 Juli 2013 - 21:16 WIB
Jelang Ramadan, harga sembako Palopo naik 40%
Jelang Ramadan, harga sembako Palopo naik 40%
A A A
Sindonews.com - Menjelang Bulan Suci Ramadan, harga kebutuhan pokok di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, mulai merangkak naik. Cabe, beras, bawang merah, bawang putih, serta sayur mayur di beberapa pasar tradisional di daerah tersebut naik hingga mencapai 40 persen dari harga sebelumnya.

Pihak Dinas Koperindag Kota Palopo berencana akan melakukan sidak di setiap pasar tradisional untuk menormalkan harga bahan pokok jelang Ramadan.

Kenaikan harga kebutuhan pokok terjadi di beberapa pasar tradisional yakni di pasar Andi Tadda, serta pusat niaga Palopo, PNP.

Kebutuhan pokok tersebut, seperti beras, yang naik dari Rp6 ribu menjadi Rp8 ribu per kilogram. Cabe naik dari Rp28 ribu menjadi Rp35 ribu per kilogram. Sementara bawang merah serta bawang putih naik dari Rp32 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram.

Selain itu, sayur mayur juga mulai merangkak naik. Seperti sayur kol, sawi, wortel, serta kentang. Harga wortel naik dari Rp10 ribu menjadi Rp14 ribu. Sementara kol, naik dari Rp9 ribu menjadi Rp14 ribu per kilo, begitupun dengan kentang, serta sawi.

Selain dipengaruhi oleh jelang Bulan Suci Ramadan, kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok dipicu oleh kurangnya pasokan bahan pokok yang masuk ke Kota Palopo, sementara konsumen semakin meningkat.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5031 seconds (0.1#10.140)