Sorgum bisa dijadikan bahan bakar rumah tangga

Kamis, 04 Juli 2013 - 15:55 WIB
Sorgum bisa dijadikan bahan bakar rumah tangga
Sorgum bisa dijadikan bahan bakar rumah tangga
A A A
Sindonews.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan menyarankan batang sorgum asal Nusa Tenggara Timur (NTT) dapat dijadikan bahan bakar rumah tangga.

"Batang sorgum ini manis, dan di dalamnya memang mengandung 17 persen kandungan gula. Namun saya sarankan untuk menjadi bahan bakar rumah tangga," ujar Dahlan saat mengunjungi pelatihan Agro Industri Sorgum di SMK PGRI 11 Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis (4/7/2013)..

Seperti diketahui, tanaman sorgum adalah sejenis tanaman tebu yang banyak dihasilkan di NTT, maka akan lebih bermanfaat apabila batang tanaman ini digunakan untuk bahan bakar. Karena dari hasil olahan batang sorgum dapat dihasilkan bioentanol

Untuk tahap pertama, kata Dahlan, akan ada 200 hektare lahan sorgum yang diperhitungkan sanggup memberikan daya terhadap seribu rumah tangga. Makanya, kawasan NTT atau timur Indonesia, akan dijadikan panen pertama pengolahan tanaman sorgum di Indonesia.

"Untuk tahap pertama akan ada 200 hektare yang ditanam sorgum, tiap tahun bisa panen hingga tiga kali. Saya membayangkan hal ini bisa menghidupi seluruh rumah tangga di sana," ujarnya.

Dalam pelatihan yang digelar SMK PGRI 11 bekerja sama dengan Pertamina dan Batan Tekno ini, juga ditampilkan mesin pemisah biji sorgum dan mesin pengolahan biji sorgum menjadi tepung, termasuk pengolahan batang sorgum menjadi bioentanol.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6601 seconds (0.1#10.140)