Cabai di Temanggung lampaui harga ayam

Senin, 08 Juli 2013 - 16:18 WIB
Cabai di Temanggung lampaui harga ayam
Cabai di Temanggung lampaui harga ayam
A A A
Sindonews.com - Harga cabai rawit merah jenis jumbo di pasar tradisional Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng) mengalami kenaikan mencapai Rp50 ribu per kilogram (kg).

Kenaikan tersebut melampaui harga daging ayam yang hanya Rp30 ribu per kg. Ahmad Sugiarto, salah seorang pedagang di Pasar Kliwon mengatakan, sebelumnya harga cabai rawit merah jenis jumbo berkisar Rp30 ribu per kg. Kenaikan terus terjadi setiah hari hingga saat ini tembus Rp50 ribu per kg.

Menurutnya, kenaikan harga cabai juga terjadi pada jenis cabai merah biasa, yang sebelumnya Rp28 ribu per kg, kini mencapai Rp40 ribu per kg, dan harga cabai keriting merah dari Rp20 ribu per kg menjadi Rp30 ribu per kg.

"Sebenarnya pasokan cabai ke pasar dari petani di kawasan lereng Gunung Sumbing dan Sindoro Temanggng berjalan normal. Biasanya kenaikan harga ini karena banyak permintaan ke Jakarta dan kota besar lainnya," kata dia, Senin (8/7/2013).

Sementara, harga kebutuhan pokok seperti telur, daging ayam, dan daging sapi masih bertahan tinggi. Di mana harga telur ayam Rp19 ribu per kg, daging ayam ras Rp30 ribu per kg, dan daging sapi Rp85 ribu per kg. Untuk harga minyak goreng curah stabil Rp10 ribu per kg dan gula pasir Rp12 ribu per kg.

Pedagang daging ayam, Suratimah mengatakan, kenaikan harga ayam terjadi menjelang Ramadan. "Menjelang Ramadan ini harga daging ayam cenderung naik. Permintaan saat ini mulai berkurang, tidak seramai waktu masyarakat menggelar tradisi 'nyadran' beberapa waktu lalu," kata dia.

Namun, kenaikan harga tidak terjadi pada sayuran. Diantaranya harga tomat bertahan Rp7 ribu per kg, wortel Rp10 ribu per kg, dan kentang Rp8 ribu per kg.

Untuk harga bawang putih kating sebelumnya Rp24 ribu per kg, turun menjadi Rp18 ribu per kg, dan harga bawang merah sejak pekan lalu sebesar Rp40 ribu per kg, dari sebelumnya Rp28 ribu per kg.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7200 seconds (0.1#10.140)