Ini cara Chatib kurangi gap pembiayaan dan belanja

Selasa, 09 Juli 2013 - 14:21 WIB
Ini cara Chatib kurangi gap pembiayaan dan belanja
Ini cara Chatib kurangi gap pembiayaan dan belanja
A A A
Sindonews.com - Menteri Keuangan (Menkeu), M Chatib Basri mengaku telah menyiapkan dua langkah untuk mengurangi gap antara pembiayaan dan belanja pemerintah yang selama beberapa tahun terakhir meleset.

"Langkah pertama pencairan harus dipercepat supaya belanja lebih cepat. Caranya simplifikasi prosedur, dokumen lebih transparan dimengerti oleh seluruh Kementerian/Lembaga," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (9/7/2013).

Kedua, lanjut Chatib, pihaknya akan membuat Asset Liability Management (ALM) untuk memonitor pajak dan anggaran pemerintah. "Jadi kita tahu Surat Utang Negara (SUN) diterbitkan berapa. Mekanisme ALM sudah mulai jalan, pekan depan ada rapat internal ALM," ungkapnya.

Menurutnya, apabila dua langkah tersebut dilakukan, maka rata-rata realisasi pembiayaan beberapa tahun terakhir hanya 39 persen akan dapat ditingkatkan

"Saya jelaskan lagi biar clear, kalau belanja penyerapan sempurna, tidak ada lagi gap antara pembiayaan dan belanja. Tetapi yang terjadi memang beberapa tahun terakhir, realisasi belanja tidak sesuai yang kita harapkan, hanya 39 persen," pungkasnya.

Sebelumnya, realisasi belanja negara dalam Tahun Anggaran 2012 berjumlah mencapai Rp1.491 triliun dari APBNP 2012 sebesar Rp1.548 triliun. Jumlah tersebut secara rasio berjumlah 96,33 persen.

Realisasi belanja negara tersebut terdiri dari Belanja Pemerintah Pusat sebesar Rp1.010 triliun, dan Transfer ke Daerah sebesar Rp480,64 triliun.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0990 seconds (0.1#10.140)