Mentan imbau masyarakat tak panik

Rabu, 10 Juli 2013 - 16:02 WIB
Mentan imbau masyarakat tak panik
Mentan imbau masyarakat tak panik
A A A
Sindonews.com - Menteri Pertanian (Mentan), Suswono mengimbau agar masyarakat tidak panik dalam menyikapi harga beberapa komoditas bahan pangan yang mulai naik. Karena dapat memicu kepanikan masyarakat, sehingga mengakibatkan kenaikan harga.

"Di luar itu stok sudah ada. Karena itu jangan panik, karena dengan kepanikan hanya akan memicu kenaikan harga. Para pelaku usaha juga diharapkan menggunakan etika bisnis yang baik, kenaikan harganya kami harapkan wajar," ujarnya di gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (10/7/2013).

Dia mengaku sudah mengumpulkan asosiasi pengusaha terkait. Menurut Suswono, para pengusaha tersebut mengatakan bahwa hanya bawang merah dan cabai yang mengalami penundaan panen karena faktor cuaca.

"Dari rapat terakhir pada 4 Juli, pengusaha dan asosiasi diundang. Mereka mengabarkan hanya bawang merah dan cabai yang panennya agak mundur karena cuaca," katanya.

Meski demikian, Suswono menyesalkan aksi-aksi spekulan yang memainkan harga hingga menimbulkan ketiakwajaran pada harga komoditas. "Aksi spekulan ada dengan cara beli harga yang lama, sehingga harga komoitas menjadi tidak wajar," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6761 seconds (0.1#10.140)