BoJ puas dengan pelonggaran moneter

Kamis, 11 Juli 2013 - 14:40 WIB
BoJ puas dengan pelonggaran moneter
BoJ puas dengan pelonggaran moneter
A A A
Sindonews.com - Bank Sentral Jepang (Bank of Japan/BoJ) mengungkapkan akan mempertahankan program kebjakan moneter besar. Mereka juga meningkatkan penilaian ekonomi, menggunakan kata "sembuh" untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua tahun.

BoJ, yang meluncurkan skema pembelian obligasi besar-besaran pada April lalu, mengatakan, prospek perekonomian nomor tiga dunia itu sedang naik, seperti pencerahan pada aktivitas perusahaan dan kenaikan belanja konsumen.

"Ekonomi Jepang mulai pulih moderat," kata bank sentral dalam sebuah pernyataan usai pertemuan kebijakan dua hari, seperti dilansir AFP, Kamis (11/7/2013).

Komentar itu, dipandang sebagai kedudukan kuat dari penilaian sebelumnya, bahwa ekonomi telah mengambil. "Berkenaan dengan prospek ekonomi Jepang diperkirakan akan pulih cukup di bagian belakang permintaan domestik dan dorongan ekonomi di luar negeri," tegas BoJ.

Pernyataan tersebut menunjukkan terjadi peningkatan pada bisnis dan investasi publik, konsumsi swasta, produksi industri, serta ekspor.

Anggota dewan BoJ sedikit menyesuaikan perkiraan pertumbuhan dari rata-rata median di angka 2,8 persen, pada kisaran 2,5-3,0 persen pertumbuhan. Pada April lalu, perkiraan rata-rata mereka adalah pertumbuhan 2,9 persen, antara 2,4-3,0 persen pertumbuhan.

Bank sentral mengatakan tingkat pertumbuhan dan inflasi diperkirakan akan bergerak secara luas sejalan dengan perkiraan April.

Kepercayaan bisnis produsen terbesar di Jepang juga melonjak dalam tiga bulan terakhir, sebuah survei bank sentral yang dipantau cermat pada Juli, merupakan tanda terbaru dorongan perekonomian.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3614 seconds (0.1#10.140)