Budidaya ikan hias RI disalip Singapura

Minggu, 14 Juli 2013 - 14:36 WIB
Budidaya ikan hias RI disalip Singapura
Budidaya ikan hias RI disalip Singapura
A A A
Sindonews.com - Meski potensi budidaya ikan hias asal Indonesia diklaim baik, namun masih tertinggal dari negara tetangga, Singapura. Pasalnya, kualitas ekspor ikan hias Singapura ternyata jauh lebih baik.

Hal itu diakui oleh Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias, Pancoranmas, Depok, Achmad Purnomo. Untuk merebut keunggulan tersebut dari Singapura, kata dia, Indonesia bahkan harus kerja keras hingga tiga sampai empat tahun ke depan.

"Tugas kita merebut dari Singapura, kalahnya jauh. Target kita, ikan hias mengatasi Singapura, target melampaui butuh 3-4 tahun," ungkapnya kepada wartawan di Depok, Sabtu (13/7/2013) malam.

Achmad menambahkan, padahal Singapura hanya mengambil ikan hias dari wilayah sekitar, dipelihara dan diperbesar hingga diekspor ke luar negeri. Setiap melakukan ekspor ikan hias, negara pengekspor harus bisa memberikan jaminan ikan hidup dan sehat dengan ukuran yang sama.

"Dan Singapura sudah melakukan itu dengan baik. Karena itu semakin sering kita membudidayakan akan semakin baik. Strateginya, kita akan memperbaiki kualitas, ikan juga harus tahan penyakit sampai di negara lain harus hidup sehat. Seragam ukurannya, kelebihan Singapura di situ," jelasnya.

Pihaknya juga akan memberikan chip atau barcode terhadap ikan hias asal Indonesia. "Ikan hias kita akan coba diberi chip, barcode, sedang kita teliti. Karena susah juga, kadang kalau diberi chip, kan ikannya terlalu kecil," imbuhnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3883 seconds (0.1#10.140)