MPMX raih peringkat A dari Fitch Ratings

Senin, 15 Juli 2013 - 14:15 WIB
MPMX raih peringkat A dari Fitch Ratings
MPMX raih peringkat A dari Fitch Ratings
A A A
Sindonews.com - Fitch Ratings, lembaga pemeringkat global dalam rilis resminya baru-baru ini memberikan peringkat A kepada bisnis PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) dengan prospek stabil untuk penilaian jangka panjang nasional.

Pemeringkatan ini didasari oleh fundamental MPMX yang sangat bagus ditopang oleh bisnis sewa kendaraan di bawah PT Mitra Pinasthika Mustika Rent (MPMRent), yang dinilai akan menjadi unit bisnis yang sangat menguntungkan bagi MPMX serta bisnis pelumas sepeda motor dibawah PT Federal Karyatama (FKT).

Bahkan, selama tahun 2012, Fitch menghitung kontribusi kedua perusahaan terhadap EBITDA (laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi) MPMX yang mencapai lebih dari 50 persen.

Fitch juga menilai model bisnis konservatif yang dijalani MPMRent sangat menguntungkan. Pertama, mayoritas pelanggan merupakan korporasi dengan durasi kontrak jangka panjang.

Kedua, lebih dari 70 persen portofolio kendaraan MPMRent merupakan MPV merek Toyota dan Daihatsu yang memiliki nilai jual kembali tinggi. Dengan aset tersebut, MPMRent berpotensi untuk mendapatkan margin yang menarik ketika menjual armadanya di akhir periode masa sewa.

“Peringkat yang diberikan oleh Fitch Ratings menjadi bukti yang solid terhadap kejituan strategi bisnis dalam memperkuat posisi kami sebagai perusahaan otomotif konsumer dengan prospek pertumbuhan yang kuat,” jelas Direktur Utama MPMX Tossin Himawan dalam siaran persnya, Senin (15/7/2013).

Selain itu, Fitch Ratings juga memberikan peringkat A- (A minus) kepada anak usaha MPMX yang bergerak di bidang jasa keuangan, PT Mitra Pinasthika Mustika Finance (MPMFinance), dengan prospek stabil untuk penilaian jangka panjang nasional.

Peringkat tersebut diberikan berdasarkan penilaian terhadap MPMFinance yang memiliki nilai strategis terhadap bisnis terintegrasi MPMX terutama untuk layanan pembiayaan kendaraan roda empat. Fitch berharap untuk melihat dukungan penuh MPMX terhadap pengembangan bisnis MPMFinance ke depan.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5452 seconds (0.1#10.140)