Pemerintah akan tambah impor sapi potong

Rabu, 17 Juli 2013 - 11:28 WIB
Pemerintah akan tambah impor sapi potong
Pemerintah akan tambah impor sapi potong
A A A
Sindonews.com - Pemerintah berencana menambah impor sapi potong dalam jumlah yang tidak ditentukan guna menurunkan harga daging sapi pada kisaran Rp75 ribu-Rp80 ribu per kilogram (kg) pada tahun ini.

"Perlu perhatian serius agar harga daging bisa turun di kisaran Rp75 ribu sampai Rp80 ribu per kilogram walaupun kita sudah memutuskan impor 3.000 ton tapi demand masih besar, maka diputuskan menambah pasokan tersebut dengan impor dan diharapkan berapapun demand-nya dapat dipenuhi sapi potong," ujar Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Hatta Rajasa di Jakarta, Rabu (17/7/2013).

Sementara Menteri Pertanian, Suswono mennjelaskan bahwa jumlah impor sapi tersebut mengikuti kebutuhan pasar dan tidak diberlakukan kuota karena sifatnya darurat.

"Jumlahnya tergantung kebutuhan pasar. Pokoknya, apabila permintaan pasar kurang akan terus ditambah. Iintinya ini kondisi darurat. Jadi, kita tidak mematok jumlah tertentu," papar Suswono.

Di kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengungkapkan bahwa impor sapi siap potong tersebut akan datang sebelum akhir bulan Juli 2013.

"Secukupnya, shipment pertama akan dilakukan akhir Juli ini. Pokoknya, ini di luar yang sudah ditentukan. Insya Allah bisa mencapai stabilisasi harga untuk mencapai harga rata-rata sebesar Rp75 ribu sampai Rp80 ribu per kilogram," pungkasnya.

Sebelumnya Hatta sempat mengatakan bahwa Bulog akan merealisasikan 800 ton dari total impor 3.000 ton daging sapi, dimana sekitar 500 ton datang pada pekan ini dan sisanya 300 ton pada pekan berikutnya.

Sebanyak 800 ton daging ini akan datang melalui bandara Soekarno Hatta. Sedangkan sisa kuota impor 2.200 ton akan didatangkan melalui Pelabuhan Tanjung Priok.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7481 seconds (0.1#10.140)