Pemerintah akan impor sapi siap potong

Rabu, 17 Juli 2013 - 13:57 WIB
Pemerintah akan impor sapi siap potong
Pemerintah akan impor sapi siap potong
A A A
Sindonews.com - Menteri Pertanian (Mentan), Suswono mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat, pemerintah akan mengimpor sapi siap potong. Hal ini untuk menambah pasokan agar harga daging sapi yang sekarang mencapai lebih dari Rp100 ribu per kilogram (kg) dapat menurun.

"Jadi diputuskan agar harga bisa turun dan stabil, maka yang memungkinkan diimpor dalam waktu dekat adalah sapi siap potong," ujar Suswono seusai Rapat Koordinasi di gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (17/7/2013).

Suswono berharap, sapi siap potong tersebut sudah dapat memasuki pasar pada akhir Juli 2013. Sementara terkait dengan kuota, dia menyatakan bahwa dengan situasi darurat seperti sekarang ini, pihaknya belum dapat menyebutkan jumlah sapi siap potong yang akan diimpor.

"Ini kan situasi darurat, jadi kita tidak mematok jumlahnya. Tapi tergantung kebutuhan pasar, kalau masih kurang, pasti terus ditambah," jelasnya.

Selain itu, Suswono menyayangkan tindakan pihak yang sudah memiliki sapi siap potong karena mematok harga tinggi. Padahal, kata dia, stok sapi tersebut dapat memenuhi kebutuhan daging ibukota dan sekitarnya.

"Yang jelas kami menyayangkan kepada mereka yang sebetulnya memiliki sapi siap potong yang kemudian mematok harga tinggi. Stoknya ada 109 ribu ekor, ini sebetulnya bisa untuk memasok kebutuhan DKI Jakarta dan sekitarnya," kata dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6025 seconds (0.1#10.140)