PMI tumbuh, harapan zona euro lepas dari resesi terbuka

Rabu, 24 Juli 2013 - 17:19 WIB
PMI tumbuh, harapan zona euro lepas dari resesi terbuka
PMI tumbuh, harapan zona euro lepas dari resesi terbuka
A A A
Sindonews.com - Aktivitas bisnis swasta di zona euro pada Juli 2013 kembali ke pertumbuhan untuk pertama kalinya dalam 18 bulan, memberikan tanda kemungkinan resesi akan berakhir.

Berdasarkan survei Markit, Indeks Manajer Pembelian (Purchasing Managers Index/PMI) zona euro di angka 50,4 poin (sebagai tanda pertumbuhan), di mana kenaikan lebih besar dari perkiraan analis pada Juni, kontraksi 48,7 poin.

Survei, di wilayah negatif sejak Februari 2012, diawasi ketat sebagai indikator utama kegiatan ekonomi. Analis memperingatkan untuk berhati-hati bahwa ini menjadi tanda bahwa resesi semakin berkurang.

Markit mengatakan, tingkat PHK mereda. Sementara umpan balik dari ekonomi top Eropa, Jerman menunjukkan output pada tingkat tertinggi dalam lima bulan.

"Secara keseluruhan, data ini memberikan filip musim panas untuk pembuat kebijakan," kata Kepala Ekonom Markit, Chris Williamson, seperti dilansir dari AFP, Rabu (24/7/2013).

"Pembacaan PMI terbaik dalam satu setengah tahun memberikan bukti yang menunjukkan bahwa kawasan euro pada akhirnya bisa keluar dari resesi pada kuartal ketiga," tambahnya.

Selain manufaktur memimpin kebangkitan, Williamson juga menyoroti tanda-tanda stabilisasi yang menjanjikan di sektor jasa, mengisyaratkan beberapa upturns sangat dibutuhkan dalam permintaan domestik. Di mana layanan dicatat 49,6 poin, naik dari 48,3.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6081 seconds (0.1#10.140)