Pelindo I siap antisipasi lonjakan pemudik

Rabu, 24 Juli 2013 - 19:16 WIB
Pelindo I siap antisipasi...
Pelindo I siap antisipasi lonjakan pemudik
A A A
Sindonews.com - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I siap merespon lonjakan arus barang dan penumpang di pelabuhan-pelabuhan di lingkungan Pelindo I saat Ramadan dan Lebaran 2013.

"Ramadan dan menjelang Lebaran biasanya tingkat konsumsi masyarakat meningkat, sehingga akan banyak barang masuk. Mendekati Lebaran arus penumpang juga meningkat. Sehingga kami melakukan persiapan baik fasilitas, peralatan, sistem maupun operasional," kata Kepala Humas Pelindo I, Eriansyah seperti dikutip dari situs resmi perseroan, Rabu (24/7/2013).

Menurutnya, berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan No KP.611/2013 tentang Rencana Operasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2013, posko tingkat nasional memprediksi arus penumpang moda angkutan laut 2013 meningkat 5 persen dari 2012.

"Moda angkutan laut diprediksi mencapai 9,23 persen dari total jumlah penumpang seluruh moda angkutan," ujarnya.

Menyikapi kondisi tersebut, Eriansyah menjelaskan bahwa pihaknya telah mempersiapkan fasilitas yang mencakup fasilitas Embarkasi dan Debarkasi serta fasilitas Bongkar Muat, operasional serta keamanan dengan tim monitoring bersama pihak terkait.

"Fasilitas Embarkasi dan Debarkasi yang kami siapkan meliputi dermaga khusus untuk kapal penumpang, gedung terminal penumpang dan ruang pengantar penjemput maupun ruang informasi, lapangan parkir kendaraan pengantar dan penjemput, serta rambu-rambu arah embarkasi/debarkasi penumpang," jelas dia.

Untuk mengantisipasi lonjakan arus barang, pihaknya sudah menyiapkan dermaga, sispro (Sistem dan Prosedur) pelayanan kapal sembako, gudang, lapangan penumpukan, peralatan bongkar muat, tenaga operasional di lapangan dan kesiapan informasi dan teknologi (IT).

"Untuk wilayah kerja Pelindo I ada titik berat di sepuluh Cabang Pelabuhan di Lingkungan Pelindo I yaitu Pelabuhan Belawan, Dumai, Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Balai Asahan, Sibolga, Sei Pakning, Tembilahan, Pekanbaru dan Batam selama H-15 sampai H+15," terangnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8354 seconds (0.1#10.140)