BI: Pelemahan bawa rupiah pada keseimbangan baru

Kamis, 25 Juli 2013 - 12:33 WIB
BI: Pelemahan bawa rupiah...
BI: Pelemahan bawa rupiah pada keseimbangan baru
A A A
Sindonews.com - Kondisi pelemahan rupiah dan dampak dari inflasi terhadap pelemahan rupiah diyakini akan membawa rupiah pada titik keseimbangan baru (equilibrium).

"Kondisi sekarang beberapa hari ini menunjukkan satu kondisi yang sudah mengarah pada satu konvergensi sehingga akan tercapai satu equilibrium baru," ujar Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo di gedung BI, Jakarta, Kamis (25/7/2013).

Agus menyebut inflasi memang harus diperhatikan, terutama dampaknya terhadap nilai rupiah, namun dia juga mengingatkan hal ini terjadi bukan kepada Indonesia saja tetapi kepada negara di kawasan Asia.

"Tetapi memang kita harus menyimak masalah inflasi dan juga masalah current account devisit yang kita, mungkin akan kita alami pada tahun 2013," kata Agus.

Agus juga menegaskan, pasar masih bergairah dan masih bertransaksi dalam volume yang besar sehingga masih mencerminkan kondisi fundamental yang bagus.

"Pasar masih menunjukkan aktivitas yang tinggi. Eskportir-eksportir dan suplier dana valas juga bertransaksi. Kita harapkan kondisi sekarang akan terus mencerminkn fundamentalnya," tandas Agus.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8641 seconds (0.1#10.140)