Pemerintah diminta siapkan bahan baku lokal

Sabtu, 27 Juli 2013 - 18:13 WIB
Pemerintah diminta siapkan bahan baku lokal
Pemerintah diminta siapkan bahan baku lokal
A A A
Sindonews.com - Kepala Ekonom Bank Mandiri Destry Damayanti menganjurkan pemerintah mempersiapkan bahan baku untuk industri dari dalam negeri (domestik) karena kebiasaan pemerintah mengimpor bahan baku telah menyebabkan pelemahan mata uang rupiah.

"Bagaimana pemerintah ke depannya persiapkan bahan baku untuk industri karena kita selama ini terlalu banyak mengimpor bahan baku. Sedangkan perekonomian terus tumbuh dan memicu impor," ujarnya ketika dihubungi Sindonews, Sabtu (27/7/2013).

Dia menyebut bahwa permasalahan akan bertambah apabila capital account (neraca modal) menjadi defisit karena impor bahan baku tersebut.

"Artinya industri intermediate belum siap menghadapi pertumbuhan ekonomi, sehingga rupiah ikut melemah karena impor ini," katanya.

Untuk mengatasi pelemahan rupiah lebih lanjut, Destry menyarankan agar bauran kebijakan Bank Indonesia, kebijakan fiskal Kementerian Keuangan, dan kebijakan industri pemerintah dapat berkolaborasi.

"Selain itu, Foreign Direct Investment juga harus dijaga agar sehat, BI juga bisa perdalam kebijakan seperti insentif pasar modal," tandasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3643 seconds (0.1#10.140)