Harga emas dunia lebih rendah

Senin, 29 Juli 2013 - 16:58 WIB
Harga emas dunia lebih rendah
Harga emas dunia lebih rendah
A A A
Sindonews.com - Harga emas global beringsut lebih rendah setelah mengalami kenaikan selama tiga pekan karena investor menunggu hasil dari kebijakan Federal Reserve AS (Fed) pada pertemuan pekan ini.

Investor juga mencerna peluncuran pertama emas China yang didukung Exchange Traded Funds (ETFs), yang dibuka kinerja lemah di Bursa Efek Shanghai.

Dilansir dari Economic Times, Senin (29/7/2013), spot emas turun 0,7 persen menjadi USD1.323,96 per ounce pada pukul 07.03 GMT, setelah naik 9 persen selama tiga pekan terakhir. Sementara emas AS naik sekitar USD2 menjadi USD1.323,90.

"Emas jatuh karena kurangnya pembelian di Asia hari ini. Setiap orang menunggu pertemuan FOMC (Komite Pasar Terbuka Federal Fed) dan data nonfarm payroll pekan ini sebelum menempatkan taruhan," kata seorang pedagang berbasis di Hong Kong.

FOMC memulai pertemuan dua hari pada Selasa yang bisa memberikan kejelasan lebih lanjut tentang rencana bank sentral AS memperlambat pembelian obligasi USD85 miliar per bulan.

Bullion telah kehilangan seperlima dari nilainya tahun ini, sebagai tanda-tanda pemulihan ekonomi di Amerika Serikat memicu kekhawatiran mengakhiri dana mudah bank sentral. Komentar Ben Bernanke telah meyakinkan investor, mendorong emas naik selama tiga pekan berturut-turut, tetapi investor ingin lebih bimbingan pada waktu yang tepat dari scaleback apapun.

Analis dan pedagang mengawasi setiap potongan data ekonomi, mulai dari perumahan sampai dengan kondisi pasar tenaga kerja, untuk membantu mengukur di mana posisi Fed.

"Harga tidak mungkin mempertahankan momentum kenaikan pada periode permintaan musiman yang lemah, kecuali data makro AS memburuk," kata analis Barclays dalam catatannya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8912 seconds (0.1#10.140)