Kemenhub siapkan Rp25 M angkut sepeda motor

Sabtu, 03 Agustus 2013 - 12:17 WIB
Kemenhub siapkan Rp25 M angkut sepeda motor
Kemenhub siapkan Rp25 M angkut sepeda motor
A A A
Sindonews.com - Untuk menghindari kecelakaan dan padatnya sepeda motor yang melewati jalur Pantura selama arus mudik, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengantisipasi dengan menyiapkan dana APBNP 2013 sebesar Rp25 miliar untun mengangkut sepeda motor.

"Kami telah menyiapkan anggaran Rp25 miliar untuk mengangkut total 12 ribu sepeda motor," ujar Menteri Perhubungan (Menhub), EE Mangindaan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (3/8/2013).

Selain KM Dobonsolo menuju pelabuhan Tanjung Mas Semarang yang diberangkatkan hari ini dengan mengangkut 2.213 penumpang dan 1.515 unit sepeda motor, maka Kemenhub juga bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut untuk menyediakan KRI Banda Aceh yang diberangkatkan besok dengan mengangkut 3.889 orang dan 1.817 motor.

"Di sela-sela dua kapal itu kami juga telah siapkan dua kapal ferry Roro untuk mengangkut penumpang ditambah motor," lanjut Mangindaan.

Sedangkan untuk pengangkutan sepeda motor melewati jalur darat, pihaknya mengaku telah menyiapkan truk yang akan mengangkut sepeda motor. Sehingga dapat mengurangi kemacetan dan kecelakaan.

"Sudah 3.000 motor, orangnya naik ke bus dan hari ini akan jalan. Tetapi sistemnya agak lebih ribet karena mereka harus menunjukkan KTP, STNK, dan SIM," jelas dia.

Selain itu, pihaknya juga menugaskan kereta api untuk memberangkatkan belasan ribu sepeda motor. "Untuk kereta api, saya sudah teken penugasan agar 11 ribu sepeda motor dapat naik ke dalam kereta selama mudik," imbuhnya.

Mangindaan menyebut semua usaha ini dilakukan pemerintah agar masyarakat mulai paham mudik yang mengutamakan keselamatan.

"Tahun lalu 72 persen kecelakaan lalu lintas selama mudik itu menimpa sepeda motor. Karena itu, kami berharap usaha ini dapat mewujudkan mudik nyaman dan aman sampai ke kampung halaman," pungkas Mangindaan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3853 seconds (0.1#10.140)