Pelemahan rupiah pengaruhi kinerja ekspor-impor

Rabu, 21 Agustus 2013 - 15:55 WIB
Pelemahan rupiah pengaruhi kinerja ekspor-impor
Pelemahan rupiah pengaruhi kinerja ekspor-impor
A A A
Sindonews.com - Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD), akan memengaruhi kinerja ekspor dan impor di Kalimantan Timur (Kaltim).

Bank Indonesia (BI) perwakilan Kaltim memperkirakan akan ada pengaruh positif terhadap ekspor Kaltim yang lebih banyak berasal dari sektor sumber daya alam. Bahkan dengan melemahnya rupiah, nilai ekspor Kaltim akan mendorong daya saing ekspor secara relatif.

"Logikanya, rupiah melemah, eskpor untung karena harga komoditi yang akan diekspor menjadi lebih murah," kata Deputi Kepala Kantor BI Perwakilan Kaltim, Teguh Setiadi, Rabu (21/8/2013).

Di sisi lain, pelemahan rupiah ini juga akan berdampak sebaliknya dari ekspor. Dengan nilai tukar rupiah saat ini, harga komoditi impor akan semakin mahal. Sehingga, menurunnya nilai rupiah akan menekan laju impor.

"Melemahnya nilai tukar rupiah akan melemahkan daya beli masyarakat secara tidak langsung. Harga barang-barang impor akan meningkat. Jika penghasilan tetap, maka daya beli barang impor tentu menurun," kata Teguh.

Namun, melemahnya nilai tukar rupiah sampai saat ini belum berdampak langsung di Kaltim. Jika kondisi ini bertahan lebih lama, tentu dampaknya akan semakin terasa.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1866 seconds (0.1#10.140)