Gita bantah ada permainan kedelai

Jum'at, 23 Agustus 2013 - 17:54 WIB
Gita bantah ada permainan kedelai
Gita bantah ada permainan kedelai
A A A
Sindonews.com - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan membantah adanya permainan harga komoditas kedelai, sehingga saat ini harganya terus melambung. Kenaikan harga kedelai diklaim sebagai imbas menguatnya dollar Amerika.

Menurut Gita, kelangkaan kedelai di dalam negeri yang berakibat pada naiknya harga komoditas tersebut disebabkan kurs rupiah yang melemah terhadap dollar Amerika. Kondisi tersebut menyebabkan importir kedelai memilih untuk sedikit menahan impor kedelai ke Indonesia. Karena, harga yang dibayar akan lebih mahal.

“Kenaikan harga kedelai karena dollar Amerika yang terus menguat,” jelas Gita usai memberikan sambutan pada orientasi studi keluarga mahasiswa (OSKM) Institut Tehnologi Bandung di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Kota Bandung, Jumat (23/8/2013).

Namun demikian, pemerintah, lanjut dia, terus berupaya melakukan berbagai langkah setrategis untuk mengerem terus melambungnya harga kedelai di dalam negeri. Naik turunnya nilai tukar rupiah terhadap dollar sangat berpengaruh terhadap harga komoditas impor. Apalagi, suplai kedelai Indonesia masih tergantung dari impor.

Kebutuhan kedelai nasional cukup tinggi, yaitu 2-2,5 juta ton/tahun. Namun, produksi kedelai nasional hanya 800.000 ton/tahun.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7812 seconds (0.1#10.140)