KKP dukung usaha peningkatan produksi ikan

Selasa, 27 Agustus 2013 - 14:18 WIB
KKP dukung usaha peningkatan produksi ikan
KKP dukung usaha peningkatan produksi ikan
A A A
Sindonews.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya mendongkrak produksi perikanan di Tanah Air. Salah satunya dengan mendukung Festival Serayu 2013 atau dikenal dengan istilah Pesta Parak Iwak di bantaran sungai Serayu, Bajarnegara.

Acara tersebut disambut antusias ribuan warga Banjarnegara, Jawa Tengah. Apalagi Pesta Parak Iwak ini dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo.

Dalam sambutannya, Sharif mengemukakan, kegiatan ini mempunyai kontribusi signifikan terhadap kegiatan usaha perikanan. Melalui pemanfaatan optimal dan berkelanjutan dari usaha perikanan budidaya maupun perikanan tangkap, dapat mendukung penyediaan ikan untuk ketahanan pangan, serta dapat diandalkan sebagai mata pencarian.

"Seperti yang dilakukan warga Banjarnegara dalam Pesta Parak Iwak di sungai Serayu, ini dapat mendorong berbagai pihak untuk meningkatkan kepedulian dalam menjaga dan memelihara kelestarian," ujar Sharif, Selasa (27/8/2013).

Selain menangkap ikan, masyarakat juga mau menebar benih dan menjaganya untuk berkembang biak. "Saya memberi apresiasi dan penghargaan tinggi terhadap kebijakan lingkungan perairan umum, seperti yang dilakukan sedulur-sedulur kabeh warga Banjarnegara pada acara Pesta Parak Iwak," ucapnya.

Semangat kebersamaan seperti Pesta Parak Iwak ini, lanjut Sharif, perlu ditumbuhkembangkan di tengah berbagai kepentingan yang kurang bertanggungjawab dan seringkali mengancam kelestarian lingkungan.

"Saya berharap festival sungai Serayu di Banjarnegara ini dapat terus dilaksanakan di tahun-tahun depan dan dapat menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk semakin peduli terhadap pelestarian lingkungan sumber daya alam," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7748 seconds (0.1#10.140)