Kini, pesan tiket kereta api bisa melalui BlackBerry

Rabu, 28 Agustus 2013 - 10:26 WIB
Kini, pesan tiket kereta api bisa melalui BlackBerry
Kini, pesan tiket kereta api bisa melalui BlackBerry
A A A
Sindonews.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali membuat gebrakan untuk membuat kemudahan pelanggan dalam mendapatkan tiket kereta api melalui Kereta Api official mobile application.

VP Public Relations PT KAI, Sugeng Priyono mengatakan, Kereta Api Indonesia official mobile application adalah aplikasi mobile pada smartphone BlackBerry (BB) yang didesain tim Information Technology PT KAI.

"Dengan aplikasi ini masyarakat tak perlu antre atau jauh-jauh ke stasiun untuk membeli tiket kereta api. Pemesanan tiket kereta melalui BB dapat di-download pada App World BB Indonesia bernama Kereta Api Indonesia," kata dia dalam rilisnya, Rabu (28/8/2013).

Aplikasi ini cukup mudah, yakni setelah aplikasi ini terinstal, calon penumpang cukup memilih stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang (dewasa/anak/infant). Kemudian isilah data diri sesuai identitas.

Jika semua data diri telah diisi, kata dia, calon penumpang akan mendapat kode pembayaran yang selanjutnya dapat dibayarkan melalui ATM (Mandiri, BRI, BNI, BII May Bank, CIMB Niaga, OCBC NISP, BJB, Mega, Panin, BPR-KS, BPD DIY, BRI Syariah, Bank Mayapada, BTN, Pundi, BCA) dan Payment Point (Alfamart, Indomaret, Alfamidi, Kantor Pos, dan PPOB BRI- Delaprasta) dengan batas waktu maksimal tiga jam setelah pemesanan.

Setelah pembaysaran, calon penumpang akan mendapatkan notifikasi melalui email. Cetak email notifikasi tersebut dan tukarkan dengan tiket di loket stasiun terdekat.

Menurutnya, selain tampilan interface pengguna yang simple dan mudah dimengerti, melalui aplikasi ini calon penumpang juga dapat memilih tempat duduk sesuai keinginan. Fitur lainnya yaitu terintegrasinya dengan kalender pada BB masing-masing pengguna yang dilengkapi juga dengan pengingat (reminder) batas waktu pembayaran dan keberangkatan.

Dia menuturkan, pemesanan tiket kereta dapat dilakukan H-2 hingga H-90 keberangkatan. "Animo masyarakat untuk naik kereta api semakin tinggi, karena itu kami perlu mengakomodasi kemudahan mereka dalam mendapatkan tiket. Selain memberi kemudahan bagi pengguna jasa kereta, juga untuk mempersempit ruang gerak para calo," jelasnya.

Pengembangan fitur lainnya akan menyusul, diantaranya perluasan channel pembayaran, informasi kedatangan dan keberangkatan kereta api, pemesanan menu makanan di atas kereta, informasi relasi setiap kereta api dan informasi terbaru tentang PT KAI.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7873 seconds (0.1#10.140)