Bulog minta pemerintah keluarkan stok kedelai

Rabu, 04 September 2013 - 11:34 WIB
Bulog minta pemerintah...
Bulog minta pemerintah keluarkan stok kedelai
A A A
Sindonews.com - Direktur Utama Bulog, Soetarto Alimoeso meminta Kementerian Perdagangan segera keluarkan cadangan kedelai. Hal ini untuk menanggapi rencana mogok produksi para perajin tahu-tempe pada tanggal 9 sampai dengan 11 September mendatang.

Soetarto menyebut Kemendag memiliki stok cadangan kedelai sebesar 350 ribu ton. Dirinya menyarankan lebih baik jangan menahan stok tersebut agar para perajin bisa mendapatkan kedelai.

"Pemerintah waktu rapat kemarin sore seharusnya kalau benar punya cadangan harus benar-benar dikeluarkan. Kan kata Kemendag masih ada 350 ribu ton. Untuk apa ditahan-tahan, sehingga perajin kedelai bisa mendapatkan kedelai yang ada," jelas Soetarto di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (4/9/2013).

Soetarto juga mengaku walaupun sudah mendapatkan penugasan untuk mengimpor kedelai, namun pihaknya tidak bisa menyuplai kedelai dalam waktu dekat.

"Bulog sudah dapatkan penugasan baru minggu lalu. Bulog juga enggak bisa baru penugasan, barang langsung ada. Itu kan bohong, tidak governance namanya," lanjutnya.

Walaupun belum bisa memberitahu kapan realisasi impor akan dilakukan, tetapi Soetarto berjanji akan memenuhi ketersediaan kedelai semaksimal mungkin. "Namanya kedelai itu sama dengan halnya impor daging, perlu proses dan harus governance. Itu yang paling penting," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5398 seconds (0.1#10.140)