Chatib klaim empat stimulus terbukti bermanfaat

Senin, 09 September 2013 - 14:14 WIB
Chatib klaim empat stimulus terbukti bermanfaat
Chatib klaim empat stimulus terbukti bermanfaat
A A A
Sindonews.com - Menteri Keuangan M Chatib Basri mengklaim empat paket stimulus pemerintah terbukti bermanfaat di tengah koreksi pertumbuhan yang harus dilakukan pemerintah.

Dia menyebut koreksi angka pertumbuhan ekonomi 2013 dari 6,3 persen menjadi 5,9 persen memang ditujukan untuk mengurangi defisit transaksi berjalan. Dan oleh karena itu, paket kebijakan pemerintah cocok untuk mengantisipasi koreksi pertumbuhan tersebut.

"Makanya jangan galak-galak bilang kalau paket pemerintah itu enggak ada gunanya. Sekarang kelihatan kalau pemerintah itu sudah siapkan," ujar Chatib di Gedung DPR, Jakarta, Senin (9/9/2013).

Chatib mengatakan, selain mengatasi defisit transaksi berjalan, empat paket kebijakan pemerintah juga cukup efektif untuk mengantisipasi perlambatan ekonomi.

"Kita tahu yang dari ekspor agak slowdown, kemudian dikasih insentif fiskal PPh 25 persen supaya tenaga kerja tidak di-PHK karena pertumbuhan yang slowdown," sambung Chatib.

Chatib juga menegaskan, apabila defisit transaksi berjalan dapat diminimalisir atau dihilangkan, maka secara otomatis rupiah pun akan segera menguat.

"Kalau itu (defisit) turun, kalian enggak akan tanya ke saya tiap hari berapa (nilai tukar) rupiah. Jadi kalau itu enggak penting, kita antisipasi," pungkas Chatib.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8041 seconds (0.1#10.140)