Pengamat: Petani perlu jaminan harga kedelai lokal

Selasa, 10 September 2013 - 16:12 WIB
Pengamat: Petani perlu jaminan harga kedelai lokal
Pengamat: Petani perlu jaminan harga kedelai lokal
A A A
Sindonews.com - Pengamat Pertanian dari Universitas Padjadjaran (Unpad), Nursuhud mengatakan, selama Indonesia masih tergantung pada kedelai impor, maka komoditas tersebut akan dihadapkan pada fluktuasi harga, terutama jika dolar Amerika Serikat (USD) menguat.

Karena itu, lanjut dia, solusi jangka panjang yang bisa dilakukan pemerintah yaitu menggalakkan budidaya kedelai dalam negeri. Rendahnya kemauan petani menanam kedelai disebabkan harga kedelai lokal yang kurang menjanjikan. Sehingga petani lebih memilih menanam padi atau komoditas lainnya.

"Komponen penting yang dibutuhkan petani adalah jaminan harga, pestisida, serta ketersediaan benih unggul. Kalau itu terpenuhi, mereka akan tertarik menanam kedelai," ungkapnya, Selasa (10/9/2013).

Selain itu, keterbatasan lahan menjadi salah satu penyebab petani memilih menanam komoditas lainnya yang lebih menjanjikan. Padahal, lanjut dia, pemerintah Provinsi Jawa Barat bisa meggunakan lahan tak terpakai untuk membudiyakan kedelai.

Menurut Nurusuhd, di Jawa Barat bagian Selatan, ada sekitar 97 ribu hektare (ha) lahan yang terbengkalai. Lahan tersebut bisa dimanfaat untuk menanam kedelai.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6531 seconds (0.1#10.140)