Lahan kawasan transmigrasi berpotensi untuk kedelai

Selasa, 10 September 2013 - 20:20 WIB
Lahan kawasan transmigrasi berpotensi untuk kedelai
Lahan kawasan transmigrasi berpotensi untuk kedelai
A A A
Sindonews.com - Dirjen Pembinaan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi (P2MKT) Kemenakertrans, Roosari Tyas Wardani menjelaskan, potensi dan ketersediaan lahan di kawasan transmigrasi yang bisa ditanami kedelai mencapai 155.871 hektar.

“Penyediaan lahan transmigrasi ini berpotensi mendukung pemenuhan kebutuhan kedelai nasional melalui gerakan tanam kedelai di kawasan transmigrasi,” kata Roosari, Selasa (10/9/2013).

Roosari menjelaskan, produksi kedelai nasional rata-rata 2 ton per hektar. Dengan asumsi di kawasan transmigrasi produktivitas rata-rata 1,8 ton per hektar maka untuk luas penanaman 155.871 hektar menghasilkan total produksi 280.567,8 ton dengan melibatkan petani transmigran yang mencapai 169.284 kepala keluarga.

Roosari tidak menampik bahwa dibutuhkan kerja sama lintas kementerian, pemerintah daerah dan swasta untuk mengembangkan penanaman produksi kedelai. Oleh karena itu pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan dan kementerian lainnya. Kerja sama diutamakan untuk transfer teknologi budidaya dan aspek penyiapan modal usaha tani.

Dia juga menyatakan, pengembangan tanaman kedelai memerlukan ketepatan pengolahan tanah. Petani juga harus memperhatikan musim tanam, penguasaan teknologi dan manajemen penanaman agar kedelai dapat dipanen di lahan yang luas.

“Selain itu perlu pendampingan/pengawalan teknologi, jaminan harga dan pemasaran. Dibutuhkan pula keterlibatan kelembagaan keuangan dari perbankan dan koperasi untuk keberlanjutan pengembangan kedelai di lahan transmigrasi ini,“ ungkapnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7064 seconds (0.1#10.140)