Negara maju harus miliki minimal 2% wirausahawan

Kamis, 12 September 2013 - 16:24 WIB
Negara maju harus miliki minimal 2% wirausahawan
Negara maju harus miliki minimal 2% wirausahawan
A A A
Sindonews.com - Penelitian program tracer study Universitas Indonesia (UI) menyebutkan hanya tiga persen lulusan sarjana yang menjadi wirausahawan. Wakil Rektor UI Bambang Wibawarta mengakui wirausahawan Indonesia memang masih rendah.

"Wirausahawan masih rendah, wirausaha Indonesia perlu ditingkatkan, karena syarat negara maju harus ada 2 persen wirausahawan dari total penduduk," katanya saat menghadiri Bursa Kerja dan Beasiswa, Kamis (12/09/2013).

Bambang menambahkan, peran perguruan tinggi salah satunya yakni meningkatkan jumlah dengan menceta lulusan yang memiliki jiwa wirausaha. UI selain memiliki mata kuliah wirausaha, juga selalu menggelar kuliah umum dengan para ahli atau pemilik (CEO) perusahaan.

"Hampir merata lulusan UI yang menjadi wirausahan dari berbagai jurusan, kami sering menggelar kuliah umum, kuliah khusus, jadi mata kuliah, undang dari luar negeri, dan CEO," ungkapnya.

Bambang menilai butuh banyak keberanian untuk terjun di dunia wirausaha. Selain modal, lanjutnya, jejaring pergaulan yang luas juga diperlukan.

"Kami berikan pemahaman, kumpulkan modal, membangun network, 4 tahun kuliah di UI ini kan pasti banyak jejaring harus manfaatkan. Misalnya dengan mengadakan event kenal dengan sponsor penting, bakat juga perlu tapi bakat bisa diasah," tegasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5548 seconds (0.1#10.140)