Jepang naikkan peringkat Indonesia

Kamis, 12 September 2013 - 16:31 WIB
Jepang naikkan peringkat Indonesia
Jepang naikkan peringkat Indonesia
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Jepang yang diwakili Japan Bank for International Cooperation (JBIC) meningkatkan peringkat Indonesia sebagai negara paling menjanjikan dalam berbisnis, terutama penananman modal dari Jepang.

Tercatat pada 2012 peringkat Indonesia naik menjadi peringkat tiga setelah China dan India dalam rangka penanaman modal yang dilakukan JBIC. Sedangkan pada tahun sebelumnya (2011) Indonesia masih berada pada posisi lima di bawah China, India, Thailand, dan Vietnam.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Mahendra Siregar menyebut kenaikan peringkat ini menandakan terus menariknya Indonesia dari tahun ke tahun di mata para investor Jepang.

"Selain itu pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tertinggi kedua setelah China juga menjadi alasan JBIC ini untuk menaikkan peringkatnya," ujar Mahendra di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (12/9/2013).

Selain itu, pemerintah Jepang yang diwakili JBIC ini juga melihat kebijakan pemerintah terkait paket kebijakan ekonomi telah memberikan kemudahan para investor menanamkan modal di Indonesia.

"Sehingga kami dianggap konsisten dan sejalan dengan kebijakan yang telah kami keluarkan sebelumnya," ujar dia.

Peningkatan peringkat ini juga didasari kenaikan daya saing Indonesia, konsisten mengembangkan infrastruktur, serta berani menaikkan upah buruh.

"Bahkan Indonesia dan Amerika Serikat praktis menjadi negara di dunia yang mendapatkan loan and guarantee tertingi dari Jepang, sekitar 1 triliun yen," pungkas Mahendra.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5659 seconds (0.1#10.140)