Persaingan ketat, bank belum tentu ikuti BI Rate

Jum'at, 13 September 2013 - 16:00 WIB
Persaingan ketat, bank...
Persaingan ketat, bank belum tentu ikuti BI Rate
A A A
Sindonews.com - Walaupun cenderung mengikuti tingkat suku bunga Bank Indonesia (BI Rate), tetapi Menteri Keuangan M Chatib Basri meyakini bank-bank belum tentu menaikkan tingkat suku bunganya mengikuti kenaikan BI Rate.

Dia menilai setiap bank mempunyai kompetisi, dan apabila bank tersebut memiliki tingkat suku bunga terlalu tinggi, maka akan menjadi tidak kompetitif.

"Ada kompetisi antara bank, kalau tingkat bunganya terlalu tinggi enggak akan ada dong yang mau meminjam di bank tersebut," ujar Chatib di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (13/9/2013).

Secara teknis Chatib juga menyebut elastisitas BI Rate terhadap tingkat suku bunga bank berbeda-beda dan tidak bisa dianggap sama setiap poinnya.

"Jangan dianggap 6,5 ke 7 persen dampaknya sama dengan 7 ke 7,25 persen. Tiap level akan berbeda karena itu impact-nya terhadap lending akan berbeda," terang Chatib.

Setengah bercanda, Chatib bahkan juga memberikan contoh apabila BI Rate naik ke level maksimumnya, tingkat suku bunga bank tidak akan mengikuti kenaikan tersebut.

"Misalnya BI Rate naik sampai 100 persen, lending rate juga enggak akan pernah segitu. Jadi memang lending rate akan naik tapi pasti akan ada batas," tutup Chatib.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8053 seconds (0.1#10.140)