Menkeu Uni Eropa selesaikan masalah perbankan

Sabtu, 14 September 2013 - 14:30 WIB
Menkeu Uni Eropa selesaikan...
Menkeu Uni Eropa selesaikan masalah perbankan
A A A
Sindonews.com - Menteri Keuangan Uni Eropa (UE) melakukan pembicaraan dalam pertemuan hari kedua di ibukota Lithuania, Vilnius dengan fokus bagaimana membawa kebangkitan ekonomi di blok 28 negara tersebut.

Dilansir dari RTE, Sabtu (14/9/2013), pembicaraan dibayangi perbedaan tajam antara Jerman dan Komisi Eropa atas aturan yang seharusnya berlaku bila bank gagal dalam program penyehatan.

Pekan lalu, Anggota Parlemen Eropa, melalui legislasi Bank Sentral Eropa (ECB) dalam pemberian kekuatan baru memantau bank-bank besar di Zona Euro besar dan memastikan mereka melakukan bisnis dengan benar.

Presiden Komisi Eropa, Jose Manuel Barroso kepada Parlemen Eropa di Strasbourg mengatakan, bahwa prioritas terbesar sekarang adalah cepat menyimpulkan unsur-unsur lain dari serikat perbankan. Tingkat berikutnya pembicaraan akan berakhir pada proses kapan dan bagaimana sebuah bank di Zona Euro bisa ditutup.

Kemarin, Jerman kembali menyatakan keberatan lama dipegang kepada Komisi Eropa yang memiliki kata akhir.

Menurut Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble, proses tersebut umumnya harus dilakukan otoritas nasional dan bukan oleh Komisi Uni Eropa. Sikap ini didukung Finlandia.

Sementara mengenai Irlandia, Wakil Presiden Komisi Eropa, Olli Rehn menyatakan, bahwa pemerintah akan menerima beberapa bentuk bantuan yang akan membantu negara tersebut keluar dari program Uni Eropa dan IMF pada akhir tahun.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7217 seconds (0.1#10.140)