The Fed tunda tapering off, Hatta tetap waspada

Kamis, 19 September 2013 - 19:20 WIB
The Fed tunda tapering off, Hatta tetap waspada
The Fed tunda tapering off, Hatta tetap waspada
A A A
Sindonews.com - Walaupun pada akhirnya Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) memutuskan untuk menunda tapering off (penarikan dana likuiditas) dari negara-negara berkembang termasuk Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menekankan bahwa pemerintah harus terus mempersiapkan diri.

Pasalnya, kebijakan tapering off ini murni dilakukan oleh The Fed yang notabenenya lembaga independen dan tidak bisa dipengaruhi Presiden AS Barack Obama.

"Yang penting apapun keputusan dari The Fed itu kita harus siap, dan kita memang harus mempersiapkan diri," ujar Hatta di kantornya, Jakarta, Kamis (19/9/2013).

Meski demikian, dia sedikit lega dengan keputusan The Fed yang menunda penarikan dan tersebut. Karena, dilihat dari rupiah yang cenderung menguat beberapa hari terakhir.

"Anda lihat semuanya menguat, keadaan membaik, rupiah kita menguat, dan interest ratenya menunjukkan bahwa rupiah kita tidak akan melemah dalam waktu ke depan," ujarnya.

Dia juga menegaskan akan terus menjaga Current Account Deficit agar terus menuju kestabilan sebagai usaha pemerintah memperbaiki keadaan ekonomi ketika The Fed menunda tapering off tersebut.

"Kita berusaha keras untuk mengurangi, bahkan kita harapkan positif. Itu sebabnya kita berusaha keras untuk kurangi impor dan tingkatkan ekspor," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2197 seconds (0.1#10.140)