Taiwan bantu pengembangan pertanian Bantaeng

Jum'at, 20 September 2013 - 16:00 WIB
Taiwan bantu pengembangan pertanian Bantaeng
Taiwan bantu pengembangan pertanian Bantaeng
A A A
Sindonews.com - Taiwan melalui Taiwan Technical Mission in the Republic of Indonesia (ICDF) menyatakan bersedia membantu pengembangan pertanian Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Selain pengembangan pertanian, lembaga yang bekerjasama Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia itu juga berjanji membantu hingga pemasarannya. Hal itu dikemukakan Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah usai bertemu Pimpinan ICDF Taiwan, Lin Yen Jen di Hotel Marina Beach, Jumat (20/9/2013).

Lin Yen bersama Deputy Bidang Pengkajian dan Sumber Daya Manusia Kemenkop & UKM I Wayan Dipta, Kepala Bidang Perencanaan Kemenkop & UKM pusat serta sejumlah wakil dari Kementerian Koperasi & UKM Sulsel.

Menurut I Wayan DiptaBantuan untuk petani di Kabupaten Bantaeng tersebut merupakan bagian dari program Kemenkop & UKM yang menerapkan one village one produck (Ovop). Program tersebut telah berhasil di beberapa daerah di Jawa dan Bali, sehingga dia berharap, Ovop juga berhasil di Bantaeng sehingga lebih membuka mata kepada daerah lainnya.

"Kita akan mencoba mempelajari dan menggali potensi yang ada di daerah ini," tambahnya seraya mengatakan, pemilihan Kabupaten Bantaeng antara lain karena Bupatinya yang sangat respek.

Selain itu, potensi yang ditunjang infrastruktur bahkan telah memiliki Laboratorium Kultur Jaringan. Karena itu, Kemenkop optimistis bisa mendidik dan melatih petani mengembangkan tanaman bernilai ekonomi tinggi.

Hal itu sudah dilakukan di Bangli dengan mengembangkan jeruk dan asparagus dengan penghasilan Rp500 ribu/hari. I Wayan optimistis, bila metode yang dikembangkan mitranya dari Taiwan ini diikuti, kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

Untuk pemasarannya, Kemenkop telah menjalin kerjasama dengan Jepang, Korea dan Taiwan untuk berbagai jenis produk yang diproduksi petani Indonesia.

Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah menyambut baik keinginan Taiwan bersama Kemenkop untuk memajukan petani di daerah kerjanya. orang nomor satu di kabupaten berjuluk Butta Toa (tanah bersejarah) itu berharap, pembinaan akan berlangsung dengan baik sehingga bisa menyempurnakan kelemahan yang dilakukan selama ini.

Pihaknya juga akan melakukan penyempurnaan berbagai produk sangat penting terutama menyambut pelaksanaan pesta olahraga antar daerah Porda yang akan dihelat 2014.

"Kita ingin, Bantaeng tak hanya siap infrastruktur tetapi juga menyiapkan produk unggulan, minimal untuk buah tangan dan ini bisa berhasil bila di-support Kemenkop," tandas Nurdin.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4233 seconds (0.1#10.140)