Meski ada LCGC, produksi mobil tahun ini turun

Sabtu, 21 September 2013 - 19:16 WIB
Meski ada LCGC, produksi...
Meski ada LCGC, produksi mobil tahun ini turun
A A A
Sindonews.com - Kendati Menteri Perindustrian MS Hidayat menargetkan produksi mobil di Indonesia menjadi 1,2 juta unit pada tahun ini atau melampaui angka penjualan tahun lalu sebesar 1,1 juta unit, namun Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Johnny Darmawan mengatakan hal berbeda.

Walaupun ada tambahan mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC), Johnny memprediksikan produksi mobil pada tahun ini akan menurun dibanding tahun 2012.

"Walaupun ada LCGC, tetap kami prediksikan produksi 1,1 juta sama dengan tahun lalu, bahkan lebih kecil sedikit," ujar Johnny ketika dihubungi Sindonews, Sabtu (21/9/2013).

Johnny beralasan, perlambatan pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Indonesia dan juga di seluruh dunia adalah penyebab utama penurunan produksi mobil pada tahun ini.

"Pertumbuhan ekonomi kan agak melambat, nilai tukar rupiah melemah, dan inflasi juga mengalami kenaikan. Jadi, kondisi produksi pada tahun ini akan seperti itu (melambat). Walaupun ada LCGC tapi kira-kira akan seperti itu," tutur Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor tersebut.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0917 seconds (0.1#10.140)