BI dan Dinas Kelautan Brebes perkuat klaster rumput laut

Selasa, 24 September 2013 - 11:01 WIB
BI dan Dinas Kelautan Brebes perkuat klaster rumput laut
BI dan Dinas Kelautan Brebes perkuat klaster rumput laut
A A A
Sindonews.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tegal dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Brebes menggelar pelatihan Klaster Rumpaut Laut (Gracillaria SP) di salah satu hotel di Brebes, hari ini.

Kegiatan akan berlangsung hingga 25 September 2013. Kegiatan dilakukan agar klaster rumput laut semakin kuat. Hal ini senada dengan tema yang diusung yakni Penguatan Kelembagaan dan Administrasi Kelompok.

Ketua Panitia Sutardi mengatakan, klaster rumput laut Brebes harus diperkuat. Karena itu pelatihan diadakan. Target pelatihan ini supaya klaster rumput laut bisa mengembangkan lagi rumput lautnya. "Terutama klaster rumput laut di Randusanga Kulon, Brebes," katanya di Brebes, Selasa, (24/9/2013).

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Brebes, Tandi mengatakan, klaster rumput laut Brebes saat ini memang perlu diperkuat lagi. Karena penguatan kelompok jelas akan lebih bagus daripada tidak berkelompok. Harapannya, kelak persoalan rumput laut Brebes bisa lebih bagus.

Termasuk klaster rumput laut nantinya tidak hanya mampu menjual bahan mentah. Tapi bisa dilakukan pengolahan. Seperti rumput laut untuk agar-agar dan tepung yang ada di Malang Jawa Timur. "Padahal di Malang, memperoleh rumput laut juga dari Brebes," ujarnya.

Apalagi, klaster ini berbentuk kelompok. Maka idealnya akan mempunyai kekuatan tersendiri. Harapannya, akan muncul pula klaster lain seperti klaster udang paname dan lainnya. Sebab, Brebes dikenal tidak hanya klaster bawang merah, tapi ada juga klaster lain.

Klaster rumput laut sesuai dengan kriteria yang diperhatikan BI. Sebab, BI akan memerhatikan klaster yang sesuai kriteria. Yakni klaster penyumbang inflasi, orientasi ekspor, komoditas unggulan.

"Rumput laut memenuhi salah satu komoditas yang sesuai kriteria," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Tegal, Bandoe Widiarto.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6670 seconds (0.1#10.140)