Marty: Belanda mitra dagang penting Indonesia

Rabu, 25 September 2013 - 12:33 WIB
Marty: Belanda mitra dagang penting Indonesia
Marty: Belanda mitra dagang penting Indonesia
A A A
Sindonews.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Marty Natalegawa mengatakan, Belanda merupakan mitra dagang penting dan pintu gerbang memasuki pasar Eropa.

Hal tersebut diungkapkan Marty saat melakukan pembicaraan bilateral dengan Menlu Belanda Frans Timmermans di sela-sela Sidang ke-68 Majelis Umum PBB di New York, Senin (23/9/2013) waktu Amerika Serikat (AS).

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas sejumlah langkah untuk memperkuat hubungan bilateral dan sepakat untuk lebih meningkatkan kerja sama. “Pemerintah Indonesia dan pemerintah Belanda berkomitmen untuk terus mendorong kerja sama bilateral, dengan fokus pada sektor infrastruktur, logistik, dan pengelolaan air,” tegas Marty Natalegawa.

Kedua Menlu mencatat bahwa terdapat banyak kemajuan sejak kunjungan Menlu Timmermans ke Jakarta pada Februari 2013 lalu. Perdagangan bilateral antara Belanda dan Indonesia tercatat mencapai hampir USD6 miliar pada 2012, kedua terbesar dari negara-negara Eropa. Lebih dari itu, Belanda merupakan mitra penting di bidang investasi langsung, kerja sama pembangunan, dan sektor pariwisata.

Selain kerja sama ekonomi, hubungan bilateral dewasa ini juga didasari nilai-nilai demokrasi yang dianut bersama. Kedua negara memiliki kerja sama erat di bidang good governance, penegakan hukum, dan industri pertahanan.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3973 seconds (0.1#10.140)