Ini alasan Dahlan copot Dirut Pelindo IV

Rabu, 25 September 2013 - 14:44 WIB
Ini alasan Dahlan copot Dirut Pelindo IV
Ini alasan Dahlan copot Dirut Pelindo IV
A A A
Sindonews.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan telah mencopot Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Harry Sutanto lantaran dinilai tidak produktif.

Dahlan menyebutkan, sebagai pengganti Harry sebagai nahkoda baru Pelindo IV telah ditunjuk Mulyono. Mulyono sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Pelindo II.

"Namanya Mulyono, saya yakin dia juga bisa karena waktu di Pelindo II operasional baik, sehingga dia dapat contoh-contoh yang efisien," kata Dahlan di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (25/9/2013).

Dengan ditunjuknya Mulyono sebagai direktur utama Pelindo IV yang baru, Dahlan berharap sosok tersebut mampu menjadi penyegaran bagi perseroan dan mampu meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

"Saya sudah dialog dengan dirut Pelindo IV yang baru. Karena latar belakangnya orang keuangan, maka saya minta untuk mengefisienkan operasional, misalnya apakah di satu pelabuhan yang sekarang ini kurang efisien dan menganggap dermaganya kurang itu apakah betul-betul karena kurang atau manajeman operasionalnya," tambahnya.

Sekedar informasi, Harry Sutanto sempat menerima penghargaan dari majalah bisnis di Tanah Air pada tahun ini sebagai CEO terbaik bersama dengan Dirut Garuda Indonesia Emirsyah Satar dan Presiden Direktur United Tractors Djoko Pranoto. Menurut majalah itu, Harry dinilai berhasil mewujudkan pelayanan publik di sektor Kementerian Perhubungan dengan baik melalui pembangunan terminal peti kemas di Balikpapan pada tahun lalu.

Di samping itu, Harry juga dinilai mampu meremajakan alat bongkar muat di semua palabuhan cabang Pelindo IV. Sementara itu, dari sisi kinerja keuangan, Pelindo IV pada semester I tahun ini berhasil membukukan pendapatan naik 15,9 persen dibanding tahun lalu menjadi Rp908,8 miliar.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8872 seconds (0.1#10.140)