Idul Adha, harga sapi dan kambing melejit

Kamis, 26 September 2013 - 16:06 WIB
Idul Adha, harga sapi dan kambing melejit
Idul Adha, harga sapi dan kambing melejit
A A A
Sindonews.com - Menjelang perayaan hari raya Idul Adha 1434 H, harga hewan kurban seperti sapi dan kambing di Pasar Hewan Ambarawa, Kabupaten Semarang melambung.

Harga hewan sapi rata-rata naik antara Rp1 juta hingga Rp2 juta per ekor. Sedangkan harga kambing naik antara Rp100 ribu hingga Rp200 ribu per ekor. Nur Amin, pedagang sapi di Pasar Ambarawa menuturkan, kenaikkan harga hewan sapi dan kambing di pasar ini terjadi sejak Agustus.

Saat ini, harga hewan sapi umur dua tahun naik menjadi sekitar Rp13 juta hingga Rp14 juta. Pada hari biasa, harga hewan ini sekitar Rp12 juta. Adapun harga hewan sapi jenis lemosin saat ini menembus Rp18 juta. Sedangkan pada hari biasa, pasaran sapi lemosin berkisar Rp16 juta per ekor.

"Kenaikkan harga sapi menjelang Idul Adha sudah biasa terjadi. Ini terjadi lantaran permintaan meningkat untuk keperluan kurban," tuturnya, Kamis (26/9/2013).

Menurutnya, meski permintaan sapi meningkat, bukan berarti pedagang bisa menjual hewan kurban ini seenaknya sendiri. Pedagang tetap memperhatikan kondisi kesehatan sapi yang hendak dijual. Pasalnya, kalau sapi dalam kondisi sakit tidak laku dijual.

"Sekarang pembeli tidak asal beli. Walau pun sapi yang dibeli hendak disembelih untuk korban, tapi mereka tidak mau membeli sapi sakit," katanya.

Sementara, harga kambing pejantan di Pasar Ambarawa saat ini mencapai Rp1,4 juta per ekor. Bulan lalu, harga kambing ini hanya Rp1,2 juta. Adapun kambing muda layak untuk disembilih untuk kurban saat ini harganya mencapai Rp1,1 juta. Pada hari biasa, harga kambing tersebut hanya berkisar antara Rp1 juta per ekor.

"Awalnya harga kambing pejantan naik Rp100 ribu per ekor. Sekarang naik lagi Rp100 ribu per ekor menjadi Rp1,4 juta per ekor. Sedangkan harga kambing muda naik Rp200 ribu per ekor," kata seorang pedagang kambing di Pasar Ambarawa, Amin.

Dia memperkirakan, kenaikkan harga kambing maupun sapi akan bertahan hingga hari H perayaan Idul Adha 1434 H yang jatuh pada 15 Oktober nanti. Dan pasca Idul Adha harganya akan berangsur turun. "Biasanya, harga kambing dan sapi normal kembali satu pekan setelah kurban (Idul Adha)," ucapnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9227 seconds (0.1#10.140)