Dilanda kecemasan inflasi, IHSG diperkirakan melemah

Selasa, 01 Oktober 2013 - 08:58 WIB
Dilanda kecemasan inflasi, IHSG diperkirakan melemah
Dilanda kecemasan inflasi, IHSG diperkirakan melemah
A A A
Sindonews.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dilanda kegalauan, sehingga berpotensi bergerak fluktuatif cenderung negatif. Apalagi, pelaku pasar juga masih harap-harap cemas perihal data inflasi september yang akan diumukan hari ini.

"Hari ini investor tampaknya masih wait and see terkait data inflasi, neraca perdagangan yang akan diumumkan hari ini. Kisaran support-resistance 4.230-4.360," kata Analis Riset PT Panin Sekuritas Purwoko Sartono, Senin (1/10/2013).

Kekhawatiran market, kata Purwoko juga bukan tanpa alasan. Bagaimana tidak, lihat saja IHSG kemarin bergerak melemah ditengah nilai tukar rupiah yang bergerak sangat fluktuatif serta sentiment negative dari regional terkait perkembangan berita di AS.

"Investor global masih dilanda kekhawatiran yang meningkat bahwa susahnya mencapai kesepakatan anggaran akan berdampak negatif terhadap pertumbuhan ekonomi AS," kata Purwoko.

Kegagalan tercapainya kesepakatan akan menyebabkan penurunan rating pemerintah AS, ketidakstabilan ekonomi, dan pertumbuhan ekonomi Q4/13 bisa terpangkas sekitar 1,4 persen.

Selain itu, ada data consumer confidence September yang turun ke level terendah selama 5 bulan terakhir (77,5 banding 78 konsensus), seiring penduduk Amerika memandang akan adanya pelemahan ekonomi.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3941 seconds (0.1#10.140)