Industri kreatif di Surabaya terus bergeliat

Kamis, 03 Oktober 2013 - 16:27 WIB
Industri kreatif di Surabaya terus bergeliat
Industri kreatif di Surabaya terus bergeliat
A A A
Sindonews.com - Pelaku industri kreatif di Kota Pahlawan mendapatkan kabar bagus dalam upaya pengembangan industri mereka. Pemkot Surabaya mulai menghimpun ide-ide dari pelaku industri kreatif di Surabaya untuk membangun eksistensi mereka.

Asisten III Sekkota Surabaya M Taswin menuturkan, perkembangan industri kreatif di Surabaya suatu saat nanti akan bisa menjadi motor ekonomi. Ini seiring kondisi pertumbuhan ekonomi yang semakin dinamis dan juga masuknya investor ke Surabaya. Pemkot akan berupaya maksimal untuk memajukan industri kreatif seperti halnya Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Untuk mencapai target menjadikan industri kreatif sebagai motor ekonomi, pemkot mengintensifkan pelatihan dan pendampingan, termasuk pengarahan oleh dinas terkait,” ujar Taswin ketika ditemui di sela-sela sarasehan industri kreatif Surabaya yang digelar di Balai Pemuda, Kamis (3/10/2013).

Ia melanjutkan, pelatihan dan pendampingan oleh dinas terkait penting dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas produk yang dihasilkan oleh industri kreatif. Sebab, industri kreatif dan juga UKM memiliki tantangan yang sama, yakni harus bisa survive dalam menghadapi persaingan global.

“Dengan para pelaku usaha ini terus berkembang, nantinya kita harapkan bisa mengurangi kemiskinan dan juga angka pengangguran,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Ekonomi Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Hestining menjelaskan, kegiatan sarasehan ini sebagai bentuk dukungan pemkot pada para pelaku industri kreatif. Apalagi, selama ini, kegiatan semacam ini memang belum pernah digelar.

“Melalui acara ini, mereka dengan pengalaman masing-masing, bisa menularkan apa yang sudah mereka laksanakan selama ini. Hasilnya nanti, kita buat semacam roadmap untuk ke depannya, apa yang bisa dilakukan untuk mendukung industri kreatif,” ujar Hestining.

Perempuan berjilbab ini menambahkan, di Surabaya sebenarnya sudah ada banyak industri kreatif, tetapi memang belum banyak dimunculkan. Surabaya menurutnya tidak seperti perkembangan industri kreatif di daerah lain yang lebih banyak diekspos oleh media massa.

“Ternyata banyak sekali sebenarnya. Kita memang tidak seperti daerah lain yang lebih banyak diekspos. Kita perlahan, apa yang Surabaya kembangkan. Nanti apa yang bisa kita dukung untuk mereka dan kembangkan ke depan. Kita akan sinergikan program kita untuk pengembangannya nanti,” imbuh Hestining.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6601 seconds (0.1#10.140)