Harga sapi potong di Sulsel meroket

Kamis, 03 Oktober 2013 - 18:48 WIB
Harga sapi potong di Sulsel meroket
Harga sapi potong di Sulsel meroket
A A A
Sindonews.com - Menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini, harga sapi potong di sejumlah sentra peternakan sapi di Sulawesi Selatan (Sulsel) terus mengalami kenaikan.

Kenaikan tersebut diduga karena sebagian peternak dan pedagang sengaja menyimpan sapi mereka untuk menunggu harga pasaran lebih tinggi. Pedagang di sejumlah pasar hewan mengakui pasokan sapi dari sejumlah sentra peternakan sapi terus berkurang.

Hal ini seperti yang dialami salah satu pedagang sapi di Kecamatan Wattang Sawitto, Kabupaten Pinrang, Sulsel. Mereka mengaku jumlah pasokan sapi terus berkurang sejak sekitar dua pekan terakhir. Di sisi lain, permintaan sapi terus meningkat.

Karena pasokan sapi berkurang, harga salah satu hewan kurban itu pun melonjak hingga Rp1 juta per ekor. Di mana sapi ukuran sedang yang sebelumnya Rp4 juta naik menjadi Rplima juta.

"Kalau yang ukuran besar sekitar Rp8 juta hingga Rp9 juta per ekor. Harga itu wajar mengingat menjelang Hari Raya Idul Adha," kata Syarifuddin, salah satu pedagang sapi did aerah tersebut, Kamis (3/10/2013).

Para pedagang mengaku tahun ini mengalami banyak permintaan oleh para pembeli dari luar kota. Sehingga mau tidak mau mereka menaikkan harga sapinya. Pedagang juga memprediksi harga sapi potong terus naik hingga Idul Adha. Apalgi kalau pemerintah tiba-tiba mengimpor sapi potong.

Para pedagang pun berharap agar pihak terkait segera turun langsung ke lapagan untuk menstabilkan kurangnya pasokan sapi jelang pelaksanaan Hari Raya kurban ini.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5612 seconds (0.1#10.140)