Penuhi kebutuhan biofuel, Mendag harapkan sawit lokal

Jum'at, 04 Oktober 2013 - 11:43 WIB
Penuhi kebutuhan biofuel, Mendag harapkan sawit lokal
Penuhi kebutuhan biofuel, Mendag harapkan sawit lokal
A A A
Sindonews.com - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengharapkan industri kelapa sawit dapat menyediakan biodiesel dan biofuel dalam jumlah besar untuk kebutuhan dalam negeri.

Dia menyebut produksi kelapa sawit hingga masa depan bisa mencapai 50 juta ton per tahun pada 2020-2030. Dengan jumlah sebesar itu, Gita merasa wajar apabila pasokan sawit untuk industri biofuel dan biodiesel dapat didahulukan.

"Apalagi dengan kondisi permintaan global yang menurun sangat masuk akal apabila kita gunakan biodiesel dalam negeri," ujarnya di Hotel Westin Nusa Dua, Bali, Jumat (4/10/2013).

Dia menambahkan, industri Bahan Bakar Nabati tersebut juga merupakan industri padat karya yang dapat menghidupi jutaan orang pekerja.

"Kental semangat dari rakyat untuk rakyat, karena setiap liter biofuel dan biodiesel tercermin dalam pemberdayaan jutaan lapangan kerja," sambung Gita.

Oleh karena itu, Gita telah menekankan agar bahan bakar nabati sejenis ini diberikan inisiatif dengan menggunakan tarif minim dalam pengembangannya ke depan.

"Ini sesuai dengan semangat yang telah dikembangkan semenjak APEC 2012 dengan 21 negara dimana bahan ramah lingkungan dibungkus dengan tarif minim," tutup Gita.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5006 seconds (0.1#10.140)