Ini alasan Hatta buat kebijakan MP3EI

Sabtu, 05 Oktober 2013 - 18:29 WIB
Ini alasan Hatta buat kebijakan MP3EI
Ini alasan Hatta buat kebijakan MP3EI
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengakui hingga kini masih terjadi ketimpangan Penanaman Modal Asing (PMA) antara Indonesia Barat dan Indonesia Timur.

Meski demikian, Hatta tetap optimis bahwa ketimpangan investasi tersebut akan dapat teratasi dengan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MPEI).

"Sebanyak 53 persen dari GDP nasional kita saja ada di pulau Jawa. Makanya MP3EI mendorong itu agar Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) daerah meningkat," jelasnya di BNDCC Nusa Dua, Bali, Sabtu (5/10/2013).

Menurutnya, dengan MP3EI pihaknya menargetkan angka kontribusi Jawa dalam GDP nasional sebesar 53 persen akan turun menjadi 40 persen dalam waktu dekat ini.

"Bukan karena Jawa turun, namun karena kontribusi daerah lain meningkat (karena investasi)," imbuh Hatta.

Selain itu, pemerintah juga telah membuat beberapa Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) lengkap dengan penunjangnya di pulau-pulau lain, selain Jawa agar investasi terutama PMA dapat tumbuh di wilayah lain terutama Indonesia Timur.

"Kita juga dorong tax holiday dan tax allowance di luar Jawa, bangun konektivitas di luar Jawa, bangun pusat-pusat pertumbuhan baru di luar Jawa. Itu namanya MP3EI," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5509 seconds (0.1#10.140)