JAL tanda tangani pesanan pesawat Airbus

Senin, 07 Oktober 2013 - 12:22 WIB
JAL tanda tangani pesanan pesawat Airbus
JAL tanda tangani pesanan pesawat Airbus
A A A
Sindonews.com - Japan Airlines (JAL) dilaporkan telah menandatangani pemesanan pesawat besar Airbus, menantang dominasi Boeing di pasar Jepang yang tengah bermasalah dengan Dreamliner-nya.

Dilansir dari AFP, Senin (7/10/2013), JAL mengatakan, akan mengadakan konferensi pers di Tokyo pada pukul 03.00 waktu setempat (06.00 GMT) yang dihadiri langsung Kepala Airbus Fabrice Bregier dan Kepala JAL Yoshiharu Ueki.

Dow Jones Newswires, mengutip dua orang yang akrab dengan laporan tersebut, mengatakan perusahaan akan mengumumkan tatanan baru, tidak menentukan jumlah dan harga pesawat yang akan dibeli.

Sebelumnya, dalam sebuah laporan harian bisnis terkemuka Jepang, Nikkei mengatakan, JAL tengah mengincar sebanyak dua lusin pesawat Airbus A350 senilai 5,0 miliar euro (USD6,8 miliar).

Langkah ini menandai pertama kalinya JAL membeli pesawat Airbus, meskipun sebelumnya pernah memesan unit pesawat bekas di dalam negeri dari operator yang berbasis di Perancis tersebut.

Dorongan melirik pesawat buatan Eropa datang setelah JAL dan saingan di pasar domestik All Nippon Airways (ANS) - yang didominasi pesawat Boeing - telah bermasalah dengan Boeing Dreamliner-nya.

Pesawat yang diklaim hemat bahan bakar itu menghadapi sorotan pada Januari setelah baterai lithium-ion pada pesawat panas. Bahkan, salah satu dari kedua milik maskapai penerbangan itu terbakar saat pesawat diparkir.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8730 seconds (0.1#10.140)