Pedagang XT Square berharap peran HPI

Selasa, 08 Oktober 2013 - 14:17 WIB
Pedagang XT Square berharap peran HPI
Pedagang XT Square berharap peran HPI
A A A
Sindonews.com - Setelah delapan bulan dibuka, transaksi penjualan di XT Square, Umbulharjo, Yogyakarta belum menunjukan hasil positif. Namun, rencana Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) membangun kantor di lokasi itu memberi harapan baru bagi pedagang.

Partini, Ketua Forkom UMKM XT Square mengatakan, selama ini transaksi penjualan di bekas terminal itu tidak menentu. Namun dia mengaku selalu ada transaksi meski jumlahnya tidak terlalu besar.

Transaksi biasanya akan bertambah sedikit lebih besar bila ada rombongan wisatawan yang datang dibawa pemandu wisata. Karena itu, dia menyambut baik rencana pembukaan kantor HPI di lokasi tersebut.

"Semakin banyak kunjungan kan mestinya transaksinya juga naik. Kalau sekarang kunjungannya masih belum banyak, transaksi juga blum seberapa. Tapi ada saja setiap harinya," kata Partini, Selasa (8/10/2013).

Namun, dia mengaku tetap tidak akan mudah tanpa dukungan seluruh pedagang. Caranya dengan rutin membuka kios sesuai kesepakatan. Di mana, dalam musyawarah pedagang dan pengelola disepakati bahwa pedagang akan membuka kios mulai pukul 10.00-22.00 WIB.

"Ini juga belum jalan sampai sekarang terutama yang di atas. Padahal kalau mulai ada wisatawan sementara kiosnya tutup, besok lagi pasti tidak mau datang ke sini. Tinggal nanti bagaimana manajemen mengatasinya," kata dia.

Mizar, penjual pakaian di blok C mengakui transaksi di lokasinya berdagang belum memuaskan. Kendati begitu dia paham betul tidak mudah meramaikan XT Square yang dimulai dari nol. "Butuh proseslah, lambat laun mesti ramai," katanya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5355 seconds (0.1#10.140)