Perhutani bangun pabrik olahan getah pinus

Rabu, 09 Oktober 2013 - 15:15 WIB
Perhutani bangun pabrik olahan getah pinus
Perhutani bangun pabrik olahan getah pinus
A A A
Sindonews.com – Perum Perhutani pada akhir bulan ini mulai mengoperasikan pabrik derivatif gondorukem terpentin, yaitu produk olahan dari getah pinus. Untuk membangun pabrik tersebut Perhutani menghabiskan dana sekitar Rp190 miliar.

Direktur Utama Perum Perhutani Bambang Sukmananto mengatakan, pabrik tersebut berlokasi di Pemalang, Jawa Tengah. Pengoperasian pabrik ini merupakan penataan industri hilir sejalan dengan peta jalan korporat bahwa untuk 2013-2014 adalah era penataan bisnis dan proses bisnis inti.

“Investasi untuk pabrik ini sekitar Rp190 miliar, dananya 70 persen berasal dari pinjaman bank melalui BNI dan sisanya 30 persen dari kas internal. Kami targetkan akhir bulan ini mulai dioperasikan,” kata Bambang saat menghadiri media gathering Perum Perhutani di Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Bambang menyebutkan, pabrik berkapasitas 24.500 ton getah pinus/tahun ini akan menghasilkan glicerol rosin ester, alpha pinene, betha pinene, delta limonen, cineol dan alpha terpineol. Bahan, kimia ramah lingkungan tersebut merupakan bahan baku bagi industri makanan dan minuman, adhesive, industri kertas, industri cat dan tinta, parfum dan farmasi.

“Sampai saat ini, Perhutani adalah penghasil gondorukem terbesar di Indonesia. Ekspor untuk produk gondorukem melonjak 12 persen dari angka rencana kerja anggaran perusahaan (RKAP),” tuturnya.

Sekedar informasi, Perhutani sebagai pengelola hutan di Jawa-Madura seluas 2,4 juta hektar (ha) menjalankan bisnis hijau (green bussiness) selama ini dengan fungsi sosial dan lingkungan secara seimbang. Tidak kurang dari 5.600 desa hutan berada di sekitar wilayah kerja Perhutani yang bergantung pada usaha Perhutani di hutan.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5691 seconds (0.1#10.140)