CT: APEC 2013 merupakan terbaik yang pernah dibuat

Rabu, 09 Oktober 2013 - 19:02 WIB
CT: APEC 2013 merupakan terbaik yang pernah dibuat
CT: APEC 2013 merupakan terbaik yang pernah dibuat
A A A
RAUT muka sumringah terus terlihat di wajah Wakil Ketua Pelaksana helatan KTT APEC 2013 Chairul Tanjung. Pasalnya, gelaran berskala internasional tersebut sukses berat dan terbukti membuat Indonesia mencuri perhatian dunia internasional.

Chairul juga patut bersyukur karena mampu membuat para pemimpin dunia dan delegasi asing berdecak kagum dan memuji APEC 2013 sebagai APEC terbaik yang pernah dibuat.

Bahkan Presiden Filipina Benigno Aquino sebagai tuan rumah APEC 2015 mendatang, mengaku sulit bagi Filipina membuat acara APEC seperti yang dilakukan oleh Indonesia.

Hebatnya lagi, Chairul dan Pemerintah Indonesia melakukannya dengan dana yang relatif minim, hanya Rp364 miliar.

Berikut ini petikan wawancara Sindonews dengan penulis buku 'Si Anak Singkong' tersebut di sela-sela briefing terakhir KTT APEC bertempat di Media Center Bali Nusa Dua Convention Center semalam.

Sebagai wakil Ketua Pelaksana bagaimana perasaan bapak menggelar KTT APEC 2013?
Saya mengucapkan syukur Alhamdulillah, APEC telah berjalan secara baik, praktis segala sesuatunya lancar. Pertama kita bisa menjadi tuan rumah yang membanggakan bangsa Indonesia. Kedua, tamu-tamu negara merasa sangat nyaman, senang dan merasa mendapatkan perlakuan yang baik. Kita sebagai tuan rumah merasa puas (karena) tamu yang datang juga happy.

Apa bedanya APEC 2013 ini dibanding APEC-APEC sebelumnya?
Yang pasti saya mendengar sendiri dari Presiden bahwa hampir seluruh kepala negara yang hadir dalam APEC menyampaikan pujiannya kepada Presien Susilo Bambang Yudhoyono. Terutama terhadap penyelenggaraan APEC, pengaturannya, manajemen waktunya dan pelaksanaan secara keseluruhan.

Tentu saya mendengar komentar seperti itu (APEC yang terbaik). Ada beberapa Duta Besar yang mengatakan sudah lebih dari 10 kali datang ke APEC, dan menurut mereka ini yang terbaik. Kita sih bersyukur.

Ada presiden yang menyampaikan pujian secara khusus?
Iya, ada langsung, misalnya (Benigno) Aquino dari Filipina. Kebetulan beliau itu akan jadi tuan rumah (APEC) 2015. Dia mengatakan, 'Waduh susah juga nih kita menyamakan apa yang telah dibuat oleh Indonesia. Saya bilang 'dont worry Sir, you can hire me' (jangan khawatir, anda bisa mempekerjakan saya).

Apa kunci penyelenggaraan APEC 2013 dengan anggaran Rp364 miliar?
Kuncinya adalah kita harus mengerti apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh seluruh stakeholder yang terkait dengan penyelenggaraan APEC. Misalnya para economic leaders tentu kan karakternya beda-beda dan saya mengambil terobosan dengan mengambil alih kendali daripada tamu-tamu pemimpin itu dengan menempatkan Duta Besar kita di negara yang bersangkutan sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap apa yang dibutuhkan oleh leaders dan delegasinya ke negara tersebut.

Dubes-dubes tersebut bertanggung jawab memastikan bahwa tidak boleh ada leaders dan delegasi negara tersebut yang tidak kita layani dengan baik. Jadi sebelumnya kita lihat butuh hotel seperti apa, makanannya seperti apa dan kendaraannya masih kurang enggak. Dia butuh apa, semua kita penuhi.

Ada keluhan tidak?
Sampai hari ini enggak ada. Semua Dubes kalau SMS saya menyampaikan ucapan terima kasih dari kepala negara wilayah kerjanya atas arrangement luar biasa. Pokoknya Alhamdulillah.

Persiapan APEC 2013 berapa lama?
Kepanitiaan dibuat dari tahun 2012, tapi aktif bekerja habis-habisan itu 3 bulan terakhir.

Suka duka persiapan APEC?
Banyak sekali, bisa satu buku itu kalau saya ceritakan (tertawa). Contohnya saya pernah mengajak panitia jalan kaki dari VIP I Bandara (Ngurah Rai) sampai ke pintu tol untuk mengontrol seluruh billboard dan spanduk yang ada di pinggir kiri dan kanan yang kita lalui.

Harapannya buat penyelenggaraan APEC 2014 mendatang di China?
Kita berharap setiap negara dalam APEC menjadi tuan rumah yang baik, dan selalu ingin jadi lebih baik dari sebelumnya. Kita harap China bisa melakukan hal yang terbaik, dan presiden China Xi Jinping secara langsung telah sampaikan pujian juga ke Presiden SBY dan SBY sudah sampaikan ke saya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6335 seconds (0.1#10.140)