Kadin genjot kerja sama ekonomi RI-Korsel

Jum'at, 11 Oktober 2013 - 18:38 WIB
Kadin genjot kerja sama ekonomi RI-Korsel
Kadin genjot kerja sama ekonomi RI-Korsel
A A A
Sindonews.com - Indonesia semakin mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat global sebagai tempat menarik untuk melakukan bisnis.

Terdapat banyak peluang investasi asing yang diterima di Indonesia, baik dalam bentuk joint venture hingga peluang perdagangan dan keterlibatan pembangunan infrastruktur yang ditawarkan pemerintah.

"Kadin terus mendorong upaya peningkatan investasi asing melalui pola kemitraan strategis yang menguntungkan kedua belah pihak. Dengan berbagai forum bisnis yang terselenggara, semoga bisa memajukan ekonomi dan hubungan baik diantara negara," kata Ketua Umum Kadin, Suryo Bambang Sulisto di Jakarta, Jumat (11/10/2013).

Kadin mencatat, investor Korea Selatan (Korsel) telah menjadi salah satu investor terkemuka di Indonesia dengan hampir 400 proyek terealisasi pada paruh pertama tahun ini, senilai USD 1,2 miliar. Sehingga menjadikannya investor terbesar ketiga sepanjang tahun ini.

Selain itu, dengan total perdagangan sebesar USD29,6 miliar pada 2012, Korsel adalah mitra dagang terbesar keempat di Indonesia.

"Dengan angka besar itu dan pertumbuhan yang kuat, saya yakin kerja sama perdagangan dan investasi antara kedua negara akan tumbuh. Bahkan terus meningkat di tahun-tahun yang akan datang," kata Suryo.

Investor Korea Selatan telah menetapkan kehadiran mereka di berbagai sektor di Indonesia seperti ritel, telekomunikasi, otomotif, makanan, minuman, dan lainnya.

Menurut dia, 240 juta penduduk Indonesia dan dengan meningkatnya kelas menengah menjadi faktor daya tarik untuk masuknya investasi di berbagai sektor.

"Dengan bekerja sama dengan perusahaan Korea, kita bisa mempelajari pengetahuan, teknologi, efisiensi dan etos kerja yang telah membuat Korsel menjadi salah satu kekuatan ekonomi sekarang ini," pungkas Suryo.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4469 seconds (0.1#10.140)