Rental mobil di Makassar kebanjiran order

Senin, 14 Oktober 2013 - 15:41 WIB
Rental mobil di Makassar...
Rental mobil di Makassar kebanjiran order
A A A
Sindonews.com - Menyambut liburan Idul Adha, jasa penyewaan mobil masih diburu masyarakat. Ratusan mobil yang ada di unit-unit tempat pemesanan di Kota Makassar, habis di-booking.

Salah satu unit usaha jasa rental, CV Syahrul Mandiri Utama yang dihubungi SINDO mengaku, jika di musim liburan kali ini, usahanya kebanjiran order. Rent car yang terletak di Borong Indah Makassar itu tinggal memiliki satu unit Innova.

"Sudah tidak ada unit lain. Semua sudah ter-booking. Sisa Innova saja. Dengan driver mobil ini disewakan Rp600 ribu per hari. Sementara jika lepas kunci Rp300 ribu," ungkap Syahrul sang pemilik usaha ini, Senin (14/10/2013).

Sementara, Ketua DPD Asosiasi Perusahaan Rental Kendaraan Indonesia (Asperkindo) Sulsel, H Irwan Djafar mengungkapkan, sejak hari ini hingga Rabu (16/10/2013), unit-unit pemesanan sudah full booking.

"Data yang masuk ke kami, sampai 1.100 unit mobil on call habis terpesan sampai tiga hari kedepan. Ada lonjakan permintaan sampai 10 persen jika dibanding hari-hari biasa yang hanya mencapai 700 unit," ujarnya.

Selain kenaikan permintaan, juga terjadi lonjakan harga hingga 15 persen. Jika mobil Avanza pada hari biasa di sewakan Rp300 ribu per hari, kali ini meningkat menjadi Rp350 ribu. Sementara untuk Innova dari Rp400 ribu jadi Rp500 ribu.

Pelanggan yang memesan mobil rental kebanyakan masyarakat Kota Makassar yang sekeluarga pulang kampung dan mereka yang berasal dari luar Makassar, seperti Kalimantan dan Papua yang ingin mengunjungi sanak saudarany di Makassar.

Meski demikian, Irwan menjelaskan, jika permintaan kali ini tetap tidak setinggi Idul Fitri kemarin. Saat itu, permintaan melonjak hingga 50 persen. Akibatnya pengusaha rental harus menyiapkan armada tambahan dengan mengeluarkan mobil-mobil di unit penyimpanan. Begitupula dengan harga yang melonjak drastis. Harga Rp300 ribu naik menjadi Rp500 ribu dan harga Rp400 ribu naik hingga Rp700 ribu.

"Memang tidak seheboh Idul Fitri. Ada beberapa faktor penyebabnya, antara lain hari raya kurban pada Selasa bukan diakhir pekan. Selain itu, kebijakan pemerintah yang hanya memberi cuti pendek," ujarnya.

Meski demikian, dia optimis ke depan, bisnis ini masih memiliki potensi besar untuk berkembang di tengah serbuan mobil murah yang diprediksi akan mencapai 2.500 per bulan.

Makassar adalah kota transit. Pertumbuhan ekonomi juga bagus. Sehingga tamu-tamu yang singgah di kota ini menjadi salah satu konsumen produktif jasa penyewaan mobil.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0570 seconds (0.1#10.140)